banner 468x60

Polri Klaim Telah Antisipasi Pengamanan Saat Peringatan 1 Desember di Papua

  • Bagikan
Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan. [Antara]
banner 468x60

triggernetmedia.com – Polri mengklaim telah bersiap mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan ketertiban di Papua pada 1 Desember besok. Diketahui pada tanggal tersebut Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka atau TPNPB-OPM akan memperingati hari Kemerdekaan rakyat West Papua.

“Tentu Polri akan jaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat,” kata Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, melansir suara.com, Selasa (30/11/2021).

Di samping itu, kata Ramadhan, pihaknya juga akan melakukan upaya pencegahan terhadap hal-hal yang berpotensi menganggu keamanan dan ketertiban masyarakat Papua.

Baca juga  Prajurit TNI Mati Ditembak usai Salat Subuh, Ini Kata TPNPB OPM

Kemudian, melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat dan tokoh setempat untuk sama-sama menjaga ketertiban.

“Karena prinsipnya kita jaga situasi kamtibmas aman dan terkendali,” katanya.

TPNPB-OPM sebelumnya menyatakan akan mengibarkan bendera Bintang Kejora pada Rabu (1/12/2021) besok.

Melalui Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM, Komandan Operasi Kodap 8 Intan Jaya, Undius Kogoya mengatakan bendera Bintang Kejora akan dikibarkan di Kabupaten Intan Jaya.

“Pengibaran bendera Bintang Kejora kami semua akan dikibarkan dalam kota Pada 1 Desember 2021 di Kabupaten Intan Jaya,” kata Juru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom dalam siaran persnya, Selasa (30/11/2021).

Baca juga  Baasyir Bebas, Tak Ada Sambutan Khusus di Ngruki

Meneruskan pesan Undius Kogoya, Sebby mengatakan pengibaran bendera Bintang Kejora itu bertepatan dengan hari Kemerdekaan rakyat West Papua.

Peringatan itu akan diiringi oleh bunyi tembakan dan genderang perang melawan pasukan TNI-Polri.

“Maka saya, Undius Kogoya mengeluarkan perintah bahwa penjemputan tanggal 1 Desember memperingati hari kemerdekaan West Papua dengan bunyi tembakan. Bahwa Intan Jaya mandi darah, kami tidak akan diam untuk perang melawan kolonial TNI POLRI sampai Papua merdeka,” kata Sebby menukil Undius.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *