banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Himagrotek Edukasi Warga Lingga Kembangkan Budidaya Media Tanam Kompos

Praktik Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP-2D) menjelaskan, praktik inovasi budidaya pajalele berbasis pertanian organik di Desa Lingga Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Mahasiswa Program Studi Agroteknologi Universitas Tanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat, kekinian tengah mengembangkan pembuatan media tanam pupuk kompos ramah lingkungan.

Pengembangan pembuatan media tanam pupuk kompos ini merupakan aplikasi program inovasi budidaya pajale berbasis pertanian organik bersama masyarakat di Desa Lingga Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Mulyadi Rohim, satu diantara mahasiswa yang terhimpun dalam Himagrotek yang tengah melakukan praktik Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP-2D) menjelaskan, praktik inovasi budidaya pajale berbasis pertanian organik di Desa Lingga Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya ini sudah berlangsung sejak 2 Agustus hingga 10 Desember 2021 mendatang, yang juga dimaksudkan sebagai salah satu upaya mendorong masyarakat untuk dapat melakukan budidaya tanaman berbasis pertanian organik.

“Melalui kegiatan ini diharapkan tercapainya implementasi pendidikan akademis dan aplikasi lapangan di tengah masyarakat,” ujar Mulyadi Rohim, Rabu (24/11/2021).

“Budidaya tanaman berbasis pertanian organik ini cukup sederhana, selain mudah di dapat juga menekan cost produksi. Sebab, bahan atau formulasi pupuk organik tersebut terbuat dari sisa-sisa tumbuhan, kotoran kambing, dedak, e-m 4, gula dan kapur dolomit,” sambung Mulyadi.

Untuk proses pembuatan pupuk kompos, setidaknya diperlukan waktu sekitar 2 hingga 3 minggu lamanya.

Guna memberikan edukasi dan wawasan yang mumpuni terhadap masyarakat setempat, sambung Mulyadi, maka Himagrotek Universitas Tanjungpura Pontianak juga membuka ruang diskusi untuk pengayaan wawasan masyarakat seputar pembuatan kompos, khususnya sektor pertanian.

“Selain pembuatan kompos Himagrotek juga melakukan pendampingan kepada masyarakat Lingga terkait kegiatan budidaya jagung dan kedelai,” ujar Mulyadi.

“Kegiatan ini merupakan implementasi tridarma perguruan tingggi, guna menambah pengalaman dan wawasan baru bagi mahasiswa, serta dapat membangun kerja sama yang baik dengan masyarakat sekarang dan nantinya,” katanya menambahkan.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *