banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Ramadan Sambil di Rumah Aja, Ini 4 Hal Bermanfaat yang Bisa Dilakukan

https://www.suara.com/lifestyle/2020/04/24/085341/ramadan-sambil-di-rumah-aja-ini-4-hal-bermanfaat-yang-bisa-dilakukan
banner 120x600

triggernetmedia.com – Bulan Ramadan telah tiba. Di hari pertama puasa ini, umat Muslim di seluruh dunia akan merasakan situasi Ramadan yang berbeda dari biasa.

Lantaran dampak pandemi virus corona, umat Muslim akan menghabiskan waktu puasa sembari melakukan karantina di rumah aja.

Selain tak bisa pergi ke masjid untuk beribadah bersama-sama, aktivitas seperti ngabuburit atau buka puasa bersama juga akan mustahil dilakukan.

Sebagai gantinya, ada beberapa hal bermanfaat yang tetap bisa kamu lakukan meski hanya diam di rumah saja.

Melansir Washington Post, ini deretan aktivitas bermanfaat bisa kamu lakukan untuk merayakan Ramadan di tengah pandemi Covid-19.

Ilustrasi Makan Sehat. (Shutterstock)

1. Mencoba untuk makan lebih sehat

Menjaga kesehatan tentu penting untuk dilakukan, terlebih di tengah adanya ancaman virus corona. Salah satu caranya adalah dengan mencoba untuk makan lebih sehat selama bulan puasa.

Bukan rahasia lagi jika kita akan tergoda untuk makan lebih banyak saat berbuka. Namun, karena hanya diam di rumah, besar kemungkinan kita tidak seaktif saat sebelum pandemi dulu.

Selain itu, aturan karantina juga membuatmu susah untuk pergi keluar dan berbelanja macam-macam. Maka, cobalah untuk mencari resep makanan sederhana namun sehat.

2. Mencari resep masakan dan membuat rencana

Dibandingkan sebelumnya, kini kamu punya lebih banyak waktu kosong di rumah. Agar bermanfaat, kamu bisa mengisinya dengan cara merencanakan menu berbuka atau mencari resep yang kamu inginkan.

Cobalah merencanakan menu berbuka, kemudian memasak dan menyimpannya untuk dimakan selama beberapa hari ke depan. Ini bisa membantumu menghemat energi sekaligus mengurangi sisa makanan.

Selain itu, dengan membuat rencana, kamu bisa berbelanja dengan lebih efisien saat harus ke luar rumah.

Ilustrasi aplikasi Zoom di laptop. [Shutterstock]
3. Jangan lupa berkomunikasi dan berbagi

Bukan cuma dirimu, keluarga dan teman-temanmu juga terkurung di rumah saat Ramadan. Agar tidak kesepian, sering-seringlah menghubungi mereka terutama saat mendekati waktu buka puasa.

Dengan begini, kamu pun tetap bisa merasakan atmosfer kebersamaan yang ada.

Selain itu, kamu juga bisa mengajak orang-orang terdekatmu untuk memberikan sumbangan kepada mereka yang dirugikan akibat pandemi ini.

4. Menikmati waktu luang yang ada

Banyaknya waktu luang hingga jam kerja yang lebih pendek saat Ramadan berpotensi membuatmu bosan. Namun, cobalah untuk melihatnya dari sisi positif.

Kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk beristirahat atau melakukan refleksi diri. Selain itu, kamu juga bisa mencari cara agar gaya hidupmu berubah ke arah lebih positif.

Tetap tinggal di rumah saja bukan alasan untuk bermalasan-malasan. Meski sulit, cobalah cari hal-hal yang dapat membuatmu bahagia.

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *