Ahli Mata Larang Wanita Pakai Maskara Setiap Hari, Ini Bahayanya!

  • Bagikan
Ilustrasi Maskara / Mascara [shutterstock]
banner 468x60

triggernetmedia.com – Semua wanita hampir pasti merias wajahnya setiap hari. Khususnya bagian mata, wanita senang mengandalkan penggunaan pensil alis dan maskara hingga bulu mata palsu.

Namun, ternyata penggunaan maskara setiap hari justru tidak baik untuk kondisi mata Anda. Bahkan seorang ahli sudah memeringatkan agar tidak menggunakan produk kosmetik ini setiap hari.

Ceri Smith-Jaynes, seorang ahli mata dan juru bicara untuk Asosiasi Ahli Kacamata, dilansir dari Mirror, mengatakan maskara bisa menyebabkan kerusakan serius pada mata. Apalagi jika wanita menggunakan maskara setiap hari.

Ia menjelaskan bahwa penggunaan maskara setiap hari bisa menyebabkan infeksi serius hingga merusak air mata. Kondisi ini disebabkan oleh zat dalam maskara yang bisa masuk ke dalam mata.

Baca juga  Media Gathering PT. PLN Bersama Jurnalis Ketapang

“Secara umum, setiap kosmetik area mata dapat masuk ke dalam mata dalam hitungan menit,” kata Ceri Smith.

Ilustrasi pakai maskara. (Unsplash/Annie Spratt)

“Dalam kasus ini, beberapa maskara dianggap sangat berserat dan bisa mengiritasi mata. Ketika air mata mengalami kerusakan, maka mata akan menjadi kering dan mudah iritasi,” jelasnya kemudian.

Ahli juga menambahkan bahwa botol maskara mungkin saja terkontaminasi oleh bakteri dari kulit Anda lalu masuk ke dalam botol selama berbulan-bulan. Bakteri yang terjebak di dalam botol maskara itulah yang bisa juga menyebabkan infeksi.

Guna menghindarinya, ahli menyarankan agar seseorang tidak hanya memerhatikan tanggal kedaluwarsa maskara. Cermati pula simbol segitiga dengan tulisan angka di tengahnya, misal 3M. Artinya, maskara itu lebih baik digunakan selama 3 bulan saja.

Baca juga  Kadin Gandeng TNI-Polri Luncurkan Mobil Vaksin Keliling
Ilustrasi menggunakan maskara. (Pixabay/Bru-nO)

Setelah melewati batasan itu tetapi belum melewati tanggal kedaluwarsa, lebih baik Anda tidak memaksa untuk terus menggunakannya. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan kerusakan mata. Seperti dikutip dari laman suara.com.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *