Pentingnya Menghapus Stigma dan Diskriminasi Terhadap Odha

Trigger Netmedia - 27 Desember 2018
Pentingnya Menghapus Stigma dan Diskriminasi Terhadap Odha
 - ()

KETAPANG (triggernetmedia.com) – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Ketapang menggelar seminar khusus. Seminar tersebut guna memperingati Hari AIDS Sedunia, yang digelar pada Kamis (27/12) di Meeting Room Aston Hotel, Ketapang.

Sekretaris Eksekutif KPA Kabupaten Ketapang, Soepiyat mengatakan seminar bertemakan, ‘Meniadakan Stigma dan Diskriminasi Terhadap ODHA’, bertujuan memberikan informasi-informasi serta pemahaman untuk menghapus stigma terhadap orang dalam HIV/AIDS (ODHA) yang masih kerap terjadi di lingkungan, khususnya di Kabupaten Ketapang.

“Jadi selain untuk memperingati Hari AIDS sedunia, kita juga dari KPA Kabupaten Ketapang ingin menghapus stigma terhadap ODHA dengan memberikan informasi dan pemahaman,” ucap Soepiyat.

Sementara, Sekretaris Eksekutif KPA Provinsi Kalimantan Barat, Toto Thaha mengungkapkan bahwa stigma yang terjadi selama ini di masyarakat terhadap ODHA diakibatkan oleh sudut pandang yang berpikir negatif dan tidak memahami apa itu AIDS.

Baca juga  Imbau Petani Tingkatkan Produktivitas Tanpa Membakar Lahan

“Semua itu berawal dari kita, karena dari kita itu kita harus dapat menghasilkan sudut pandang bahwa kita semua ini sama, tidak ada perbedaan, dan kita semua sehat. Kalaupun ada yang terkena dan keadaannya kurang sehat mari bersama-sama kita cari solusi dan jalan keluar melalui pendekatan-pendekatan medis yang baik,” kata Toto Thaha.

Selain itu, Toto Thaha mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya para remaja untuk selalu memperhatikan lingkungan pergaulannya. Dikatakannya, hampir di 14 Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat angka tertinggi penderita AIDS itu pada usia produktif sangat rentang pads usia dari 15-24 tahun.

Baca juga  Pejabat Wajib Lapor Kekayaan Penyelenggaraan Negara

“Sebagian besar dari mereka berawal dari Penyalahgunaan narkoba dan sex bebas,” ungkapnya.

Seluruh masyarakat baik remaja, orangtua, dan seluruh komponen masyarakat diharapkan dapat memahami sedini mungkin, serta penuh kesadaran memeriksakan kesehatan.

“Karena AIDS lebih baik dicegah, jangan sampai telah menyadari melakukan penyimpangan tetapi tidak mau memeriksa,” ujar Toto Thaha.

Pada kesempatan itu, Toto Thaha mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang serta SKPD yang telah memberikan komitmennya dalam melaksanakan program KPA.

“Harapannya kedepan agar terus saling berkoordinasi dan bersinergi lagi pada program-program KPA,” ucapnya.

Pewarta : Jhon
Editor : Arizbroadcaster

Tinggalkan Komentar

Streaming

Close Ads X