banner 120x600 banner 120x600

Kantor ATR/BPN Ketapang Salurkan Sertifikat Tanah

banner 120x600
banner 468x60

KETAPANG (triggernetmedia.com) – Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Badan Pertanahan Nasional (BPN) merilis telah merealisasikan Program Strategis Nasional dengan menyerahkan Hak Atas Tanah kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Ketapang. Sebanyak 3.000 sertipikat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Program Redistribusi Tanah disampaikan langsung diKecamatan Kendawangan, pada Kamis (27/12).

Pada tahun 2018 Kantor Pertanahan Kabupaten Ketapang sebenarnya telah melaksanakan sertifikasi tanah. Program tersebut merupakan program strategis nasional.

“Ada sebanyak 24.000 yang sudah berada, terdiri dari PTSL sebanyak 16.500 Sertipikat serta kegiatan Redistribusi Tanah sebanyak 7.500 Sertipikat, yang telah diselesaikan secara tuntas 100 persen pada pertengahan bulan Desember 2018. Diharapkan sertipikat-sertipikat tersebut akan diserahkan dalam waktu dekat,” kata kepala ATR/BPR Ketapang, Imawan.

PTSL, kata Imawan, tersebar di 51 Desa dengan obyek semua bidang tanah yang ada di desa terdiri dari Tanah Masyarakat, seperti pertanian maupun non pertanian.

Baca juga  5 Fakta Menarik Seputar Euro 2020

“Ada 16.094 Sertipikat, Asset Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa sejumlah 321 Sertipikat, tanah keagamaan, termasuk anah wakaf, dan tanah gereja, dan sejumlah 85 saya lainnya. Pada kegiatan Redistribusi Tanah itu berada di 12 Desa dengan obyek tanahnya pertanian,” ujarnya.

Penyerahan sertipikat tersebut turut dihadiri pihak perbankan. Setelah penyerahan sertifikat itu, masyarakat maupun pelaku usaha yang ingin meningkatkan usaha dengan mengagunkan tanahnya sebagai jaminan dapat menanyakan langsung ke lembaga keuangan tersebut, dan diharapkan dapat dilayani sebagaimana mestinya.

Lebih lanjut Kepala Kantor ATR/BPN Ketapang, Imawan menyatakan pada tahun 2019 Kantor Pertanahan Kabupaten Ketapang menargetkan sebanyak 7.500 bidang tanah tersertifikasi. Selain itu, dari kegiatan PTSL tanah dari Redistribusi Tanah ditargetkan sebanyak 9.000 bidang tanah.

Baca juga  Bocoran Terbaru Xiaomi Mi 10 Ultra, Bawa RAM 16 GB

“Masyarakat diharapkan berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut, sehingga program pemerintah untuk menuntaskan pendaftaran tanah di seluruh wilayah Indonesia dapat segera tercapai,” pungkasnya.

Pewarta : Jhon
Editor : Arizbroadcaster

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.