banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600
EkonomiNasional

Jokowi Rutin Tanya Inflasi Tiap Kunjungan Kerja, Wanti-wanti Bupati Jangan sampai Nggak Bisa Jawab

×

Jokowi Rutin Tanya Inflasi Tiap Kunjungan Kerja, Wanti-wanti Bupati Jangan sampai Nggak Bisa Jawab

Sebarkan artikel ini
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

triggernetmedia.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mewanti-wanti para bupati untuk mengetahui angka inflasi di daerah yang mereka pimpin. Sebab, kepala negara bakal menanyakan perihal tersebut saat kunjungan kerja.

Jokowi mengatakan dirinya kerap bertanya mengenai angka inflasi di daerah tiap kali melakukan kunjungan kerja ke pasar-pasar. Pertanyaan itu diajukan langsung oleh kepala negara kepada bupati.

Sekarang kalau saya ke daerah, pasti masuk pasar. Bupatinya pasti saya tanya. Inflasinya berapa bulan kemarin,” kata Jokowi dalam sambutannya di pembukaan Rakernas XVI APKASI di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Jokowi mengungkap masih ada satu-dua bupati yang tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut. Menghindari tidak bisa menjawab pertanyaan, Jokowi meminta agar para bupati rutin mengecek angka inflasi ke tim pengendalian inflasi daerah (TPID) hingga ke Bank Indonesia (BI).

“Nih kalau saya yang tanya, tidak bisa jawab. Mohon maaf ada masih ada satu-dua. Tolong kalau saya sebelum masuk kabupaten, bertanya dulu ke BI inflasinya berapa, ke TPID inflasinya berapa karena pasti saya tanya,” kata Jokowi.

“Harga-harga juga pasti saya tanyakan. Beras, bawang merah, bawang putih, cabai, yang sering naik kan barang-barang itu. Lainnya relatif stabil,” kata Jokowi.

Inflasi Terjaga

Melalui kesempatan yang sama, Kepala Negara menyampaikan bahwa Indonesia patut bersyukur lantaran mampu bertahan dari hambatan dan tantangan global. Mengingat, ekonomi Indonesia masih tumbuh di atas 5 persen.

Ilustrasi inflasi. [Ist]
Ilustrasi inflasi. [Ist]

“Ekonomi kita masih tumbuh 5,11 persen di kuartal I-2024. Sangat sulit sekarang ini negara-negara bertahan dengan growth di atas 5 persen. Coba nanti bapak, ibu cek negara-negara lain angkanya seperti apa,” kata Jokowi.

Selain angka pertumbuhan ekonomi, hal yang menurut Jokowi patut disyukuri lainnya ialah angka inflasi yang masih dalam kendali.

“Dan juga inflasi yang bisa kita kendalikan. Terakhir di Juni, berada di 2,5 persen inflasi kita. Ini berkat bapak, ibu sekalian yang selalu rapat dengan mendagri setiap hari Senin rutin setiap Minggu, tapi hasilnya ada,” ujar Jokowi.

“Coba lihat Argentina inflasinya sekarang berapa? Bapak, ibu cek saja. Turki inflasinya berapa? Coba bapak, ibu cek. Mengerikan sekali angkanya,” kata Jokowi.

Sumber: Suara.com

 

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *