banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Sutarmidji Prioritaskan Aspek Pendidikan, Kesehatan dan Stunting di Kapuas Hulu

Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji memberikan pengarahan saat menyerahkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat Kecamatan Jongkong dan Kecamatan Selimbau, Senin (13/3/2023).
banner 120x600

triggernetmedia.com – Kunjungan Kerja Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, di Kabupaten Kapuas Hulu masih berlanjut. Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, dr. Harisson,  beserta jajaran dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalbar turut serta mendampingi kunker Gubernur Sutarmidji sekaligus menyerahkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat Kecamatan Jongkong dan Kecamatan Selimbau, Senin (13/3/2023).

Sebanyak 500 paket berupa bahan pokok yakni beras, gula pasir, minyak goreng, kopi, mie instan, kental manis dan tepung terigu. dibagikan kepada masyarakat di Kecamatan Jongkong, 300 paket untuk kecamatan Selimbau.

Disela kegiatannya ini, Gubernur Sutarmidji menegaskan, bantuan diberikan dalam rangka mitigasi inflasi.

“Bantuan ini kita salurkan bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” tegasnya.

Terkait pendidikan, Gubernur Sutarmidji menekankan kepada para orang tua agar tidak ada lagi anak yang putus sekolah di wilayah tersebut karena terkendala biaya.

“Kalau ada yang kurang mampu, ajukan ke kepala sekolah, nanti kami bantu. Mulai dari baju, celana, topi hingga dasi,” ujarnya.

Kemudian menyangkut keikutsertaan BPJS, Gubernur Sutarmidji berharap agar kepala desa dan camat aktif mendata masyarakat yang kurang mampu untuk membayar premi yang telah ditetapkan.

“Sampaikan juga datanya ke kita, jika ada kuota, jadi bisa segera kita ajukan. Mudah-mudahan bisa diakomodir untuk dibantu pembayaran preminya,” ujarnya lagi.

Selain itu, Gubernur Sutarmidji menegaskan, memberikan konsentrasi khusus terhadap penanganan stunting di Kapuas Hulu. Dirinya berharap data stunting di Kapuas Hulu segera dipertegas. Sehingga langkah yang akan diambil tepat sasaran.

“Data stunting harus valid, by name by address. Saat ini angka stunting di Kapuas Hulu cukup tinggi, meningkat dari sebelumnya dan sekarang 47 persen. Ini harus menjadi perhartian khusus. Saya minta pak camat harus benar-benar serius menangani ini. Karena masih baru, konsentrasi program ke stunting saja. Hal ini karena aspek kesehatan bisa mempengaruhi daya saing daerah kita,” katanya.

Orang nomor satu di Kalabr ini menyatakan siap mendukung percepatan penanganan stunting di Kabupaten Kapuas Hulu. Dirinya memastikan akan segera menyiapkan USG Portable di beberapa kecamatan yang ada di Kapuas Hulu guna mengantisipasi lebih dini potensi-potensi stunting pada ibu hamil.

“Nanti kami akan siapkan USG Portable. Ini agar kita dapat mendeteksi lebih cepat potensi-potensi stunting di masyarakay kita khususnya pada ibu hamil. Sehingga kita juga dapat mengantisipasi dan menangani stunting tersebut lebih dini. Yang jelas puskesmas harus ada,” pungkasnya.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *