banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Pengangguran Capai 18 Persen, Google Indonesia Sediakan 10.000 Beasiswa Data Analis

Logo Google. [Rajeshwar Bachu/Unsplash]
banner 120x600

triggernetmedia.com – Google mengumumkan penyaluran beasiswa untuk melatih 10.000 orang di Indonesia melalui program Google Career Certificate.

Program sertifikasi profesional ini dirancang untuk pekerjaan tingkat pemula sebagai analis data (data analyst).

Peserta akan diajarkan cara mengumpulkan, mengubah, dan menyusun data untuk memberikan wawasan dan analisis baru kepada bisnis atau perusahaan.

“Google berkomitmen untuk terus mendukung UKM, pencari kerja, dan pelajar Indonesia guna meningkatkan partisipasi mereka dalam ekonomi digital serta mempercepat pemulihan ekonomi,” kata Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia dalam konferensi pers virtual, melansir suara.com, Selasa (24/5/2022).

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat pengangguran penduduk Indonesia berusia 20-24 tahun mencapai 18 persen pada 2021.

Untuk itulah program ini diharapkan dapat membantu ribuan orang Indonesia menemukan pekerjaan lebih baik.

“Kami harap dengan memberikan kursus gratis dalam program Google Certificates di bidang Data Analytics, kami dapat membantu ribuan orang Indonesia menemukan pekerjaan yang bergaji cukup tinggi dalam ekonomi digital yang sedang berkembang pesat saat ini,” tutur Randy.

Google akan memberikan setengah beasiswa tersebut kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mendukung program Digital Talent Scholarship.

Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo Hary Budiarto mengatakan, pihaknya menyambut baik tawaran kerja sama dari Google dalam pelaksanaan DTS yakni program Profesional Academy berupa PROA (Android, Cloud dan Google Career Certificates), serta program FGA (Fresh Graduate Academy).

“Program FGA ini bertujuan untuk mempersiapkan para lulusan yang belum atau tidak sedang bekerja agar memiliki kompetensi profesional dan juga para profesional yang ingin menambah skill mereka,” kata Hary.

“Program ini juga menawarkan kesempatan untuk memiliki sertifikasi global, serta dapat bersaing baik di industri dalam maupun luar negeri,” pungkasnya.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *