banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Jejak Kaki Dinosaurus Terakhir yang Hidup di Inggris

Jejak kaki dinosaurus terakhir hidup di Inggris.
banner 120x600

triggernetmedia.com –  Jejak kaki dari beberapa dinosaurus terakhir yang hidup dan berjalan di tanah Inggris, telah ditemukan di dekat Tebing Putih Dover.

Para ilmuwan percaya bahwa jejak kaki tersebut ditinggalkan theropoda berjari tiga pemakan daging, ornithopods pemakan tumbuhan, dan ankylosaurs lapis baja sekitar 110 juta tahun yang lalu.

Jejak-jejak itu ditemukan di tebing dan tepi pantai Folkstone, Kent, oleh Philip Hadland, seorang kurator di Hastings Museum and Art Gallery.

“Kembali pada 2011, saya menemukan kesan yang tidak biasa dalam formasi batuan di Folkestone. Mereka tampaknya berulang dan yang bisa saya pikirkan hanyalah jejak kaki,” kata Hadland, dikutip dari Independent, Senin (21/6/2021).

Hal ini bertentangan dengan yang dikatakan sebagian besar ilmuwan geologi tentang bebatuan di wilayah tersebut.

Namun, Hadland mencari lebih banyak jejak kaki dan menemukannya.

Jejak kaki dinosaurus hidup terakhir di Inggris. [Independent]
Jejak kaki dinosaurus hidup terakhir di Inggris. [Independent]

“Banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk meyakinkan komunitas ilmiah tentang validitasnya, sehingga saya bekerja sama dengan para ahli di University of Portsmouth untuk memverifikasi apa yang saya temukan,” tambah Hadland.

Menurut laporan yang diterbitkan dalam Proceedings of the Geologists’ Association, jejak kaki yang ditemukan di wilayah tersebut setidaknya milik enam spesies dinosaurus berbeda.

Itu mencakup jalur enam jejak kaki dari hewan yang sama, kemungkinan milik ornithopodichnus yang memiliki ukuran jejak mirip dengan gajah.

Jejak kaki terbesar berukuran lebar 80 cm dan panjang 65 cm.

ejak itu telah diidentifikasi sebagai milik dinosaurus yang mirip dengan Iguanadon.

Sebagian besar wilayah Inggris terletak di bawah laut dangkal selama periode Kapur Akhir.

Tapi, penelitian menunjukkan bahwa formasi batuan di Folkestone ini bersifat inter-tidal, yang artinya terlihat saat air surut.

Ilustrasi Arkeolog. [Cesar Manso/AFP]
Ilustrasi Arkeolog. [Cesar Manso/AFP]

Para ahli percaya dinosaurus memanfaatkan kondisi pasang surut di tepi pantai untuk mencari makanan atau mengikuti rute migrasi.

Menurut David Martill, profesor paleobiologi di University of Portsmouth, ini adalah pertama kalinya jejak kaki dinosaurus ditemukan di lapisan yang dikenal sebagai Formasi Folkstone.

Tak hanya itu, temuan ini juga menunjukkan jejak kaki dinosaurus terakhir yang berkeliaran di Inggris sebelum punah.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *