banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Rawat 4 Pasien Pasca Liburan dari LN, Petugas Medis Malah Sebar Info Negatif Terkait Suspect Covid-19 di Bengkayang

PLT. Kepala Dinas Kesehatan dan KB kabupaten Bengkayang, Agustinus memberikan keterangan Pers, Kamis, 5/3/2020.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bengkayang telah memberikan rujukan terhadap empat pasiennya ke Rumah Sakit Abdul Azis Singkawang untuk melakukan observasi yang diduga terpapar suspect virus corona pasca pulang berlibur dari Korea Selatan belum lama ini.

Sebelumnya, kabar ini beredar di jejaring media sosial yang diduga bersumber dari salah satu petugas medis yang menginformasikan hal tersebut melalui laman media sosialnya, hingga menimbulkan kepanikan di masyarakat.

Lewat unggahannya, petugas kesehatan itu menginformasikan satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan dua orang anak, dan satu ipar perempuan yang baru saja pulang dari liburan ke Korea Selatan sekitar dua minggu lalu.

Kekinian, satu keluarga itu, empat diantaranya telah dirujuk dan diisolasi ke RSUD Abdul Aziz Singkawang, sejak Rabu (4/3/2020).

Rujuknya ke-4 pasien dari RS Bengkayang ini lantaran salah satu anaknya yang berusia 5 tahun mengalami batuk, pilek, dan deman yang suhunya mencapai 36,8 derajat selsius.

Sementara, tiga lainnya tidak mengalami gejala tersebut. Riwayat itu terjadi pasca berenang dikolam.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan, warga tersebut kemudian di observasi oleh petugas medis, mengingat mereka baru saja pulang dari Korsel.

PLT. Kepala Dinas Kesehatan dan KB kabupaten Bengkayang, Agustinus membenarkan hal ini. Menurutnya, ada empat warga Bengkayang yang telah dirujuk ke RS Abdul Aziz Singkawang guna menjalani karantina atau diisolasi.

Sebelumnya kata dia, keluarga ini baru saja pulang dari Korea Selatan, dan transit dari Kuala Lumpur, Malaysia sekitar 10 hari lalu.

Agustinus kemudian mengimbau agar warga Bengkayang tidak panik, karena keempat warga yang diduga terpapar virus corona itu sudah ditangani pihak medis.

Pihaknya menegaskan, berjanji akan mengumumkan ke publik hasil pemeriksaan, dan meyakinkan dugaan suspect Covid-19 itu masih negatif, tidak terjadi di Bengkayang sejauh ini.

“Memang kita lihat kemarin kondisi anak tidak ada menunjukkan gejala-gejala yang mengarah kesana (terinfeksi virus corona). Memang kita sendiri yang langsung datang kerumahnya,” kata Agustinus, Kamis (5/3/2020).

“Walau begitu, supaya menyakinkan positif atau negatif dan kita sarankan untuk rujuk ke rumah sakit rujukan, Abdul Aziz Singkawang. Tadi malam pukul 18.20 pasien kita bawa ke Abdul Aziz untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lengkap,” kata Agustinus lagi.

Agustinus menegaskan apapun nanti hasil dari pemeriksaan tersebut akan disampaikan kepada masyarakat. Supaya masyarakat tidak resah dengan pemberitaan ini.

“Sebenarnya hasil pemeriksaan dari dokter di RS Bengkayang  mengarahcenderung negatif.
Namun, supaya hasilnya lebih memuaskan,  kita bawa pasien ke rumah sakit rujukan. Dalam kasus ini juga kita jangan terlalu panik, kita harus cermat mengenali gejala dan cara mencegahnya,” ujarnya.

Masyarakat Bengkayang diimbau menerapkan perilaku hidup sehat, dan tidak terlalu panik. Pihaknya juga memastikan akan melakukan koordinasi dengan pihak bea cukai agar ada pengawasan yang lebih intensif terhadap keluar masuknya orang melalui pintu perbatasan.

“Nanti ada orang yang keluar masuk kita akan melakukan pemeriksaan suhu. Saya juga telah mengingatkan teman-teman di puskesmas untuk tidak mengekspose yang berkaitan dengan privasi pasien,” sebut Agustinus.

“Saya juga sangat menyayangkan ada petugas kita yang telah memposting di media sosial. Dan saya akan panggil personel yang bersangkutan,” sebut Agustinus lagi.

Doe I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *