banner 468x60

Aksi Unik Komunitas CTC Kota Pontianak di Momen Pergantian Tahun

  • Bagikan
Aksi Komunitas CTC bersihkan taman usai pesta tahun baru di Kota Pontianak. 
banner 468x60

triggernetmedia.com – Komunitas Clean The City (CTC) Kota Pontianak menggelar kampanye di Taman Alun Kapuas pada Selasa 31 Desember 2019 malam, dilanjutkan aksi bersih-bersih di Taman Akcaya, Jl. Sultan Syahrir, Rabu 1/1 Januari 2020.

“Aksi bersih-bersih merupakan kegiatan rutin CTC menyambut Tahun Baru. Mengingat usai pesta malam Tahun Baru banyak sampah berserakan di beberapa titik keramaian,” ujar Rizqi Rafiq Achmad, Koordinator lapangan CTC Kota Pontianak, Rabu (1/1).

Rizqi mengatakan, CTC adalah merupakan komunitas yang telah berdiri sejak awal tahun 2014, dengan semangat mengawali Tahun Baru.

Wadah CTC ingin mengimplementasikan perwujudan cinta kepada tempat kita tinggal, diantaranya dengan melakukan gerakan kampanye kebersihan dan juga memungut sampah di sekitaran taman kota.

Baca juga  Penataan Turap dan Trotoar Percantik Wajah Pontianak Kota

Dia menjelaskan, kegiatan dimulai dengan kampanye kebersihan, pada perhelatan malam tahun baru misalnya, kegiatan CTC dilakukan di Taman Alun Kapuas.

Dalam melaksanaka aksinya, relawan CTC  mengenakan kostum-kostum unik. Mereka bahkan kerkeliling mengkampanyekan ajakan agar warga selalu kebersihan lingkungan dengan spanduk cukup besar.

“Kampanye kebersihan yang dilakukan pada malam perhelatan Tahun Baru , hal ini saya kira lebih efektif dari sekedar memungut sampah. Kita mencoba untuk memberikan spirit kepada ratusan orang bahkan ribuan orang, yang sedang berpesta Tahun Baru, untuk selalu menjaga lingkungan mereka tetap bersih,” kata Rizqi.

Baca juga  Ajak Masyarakat Bantu Keuangan Pemerintah, Kemenkeu Tawarkan ORI019

Kemudian di pagi harinya, sambung Rizqi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi kedua, yakni membersihkan Taman Akcaya.

“Kampanye dan bersih-bersih pada pagi hari ini sedikitnya melibatkan sebanyak 100 orang warga Pontianak dan Kabupaten Landak,” ujarnya.

Menariknya kegiatan ini tak hanya dilakukan di Kota Pontianak, melainkan juga digelar serentak di 77 titik keramaian se-Indonesia. Sebelumnya, Koordinator Lapangan CTC tingkat nasional memang telah menyerukan kepada seluruh relawan untuk melakukan aksi CTC itu dengan ramahbdan unik, yang disampaikan melalui akun twitter dan instagram cleanthecity_id untuk ditindaklanjuti di daerah masing-masing.

Rustandi | Citizen Reporter

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *