banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

115 KK di Desa Kendal Terdampak Banjir

115 KK di Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak terdampak banjir akibat tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Tingginya curah hujan menyebabkan ratusan rumah penduduk di Desa Sekendal, Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak kebanjiran.

“Dari 3 RT yang terdampak banjir itu, total ada 115 kepala keluarga. Beruntung Pemkab Landak melalui dinas terkait tanggap membantu warga kami,” ungkap Kepala Desa Sekendal, Markus Pasaribu, Selasa (10/12).

Markus mengatakan, kondisi banjir saat ini ketinggian air mencapai sekitar 150 sentimeter. Menurutnya, banjir yang terjadi akibat tingginya curah hujan itu semakin diperparah dengan meluapnya kawasan Hulu Sungai Landak.

“Bersama tim tanggap darurat Pemkab Landak, kami baru saja melihat langsung warga yang terdampak banjir tersebut dan mudahan hujan tidak kembali turun untuk 1-2 hari ini,” jelas Markus.

Meski demikian, Markus mengaku sejauh ini pihaknya sudah menerima bantuan dari Pemkab Landak melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Landak. Bantuan tersebut sudah dikelola untuk mendirikan dapur umum.

“Saat terjadi banjir kami langsung menghubungi Camat Air Besar beserta tim lainnya dan akhirnya mereka turun langsung merespon bencana tersebut. Puji Tuhan kami juga sudah menerima bantuan dari Bupati Landak melalui BPBD Landak berupa beras 200 kilogram, 5 dus mie instan untuk keperluan dapur umum, serta pelayanan medis bagi warga yang membutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Air Besar, Heri Sarkinom, menjelaskan beberapa hari terakhir curah hujan memang cukup tinggi. Namun, pihaknya bersama aparatur desa telah mengantisipasi beberapa wilayah yang rawan banjir.

Setelah mendapat laporan dari pihak desa Sekendal, pihaknya langsung turun bersama pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Serimbu melihat langsung bencana tersebut.

“Kita juga sudah mendirikan posko kesehatan yang ditangani tim medis dari Puskesmas Serimbu selain itu bantuan untuk keperluan dapur umum serta bantuan teknis (BPBD) juga sudah kita dapat dari Bupati Landak” ujar Heri.

Terpisah, Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa menyampaikan apresiasinya kepada tim tanggap darurat Kecamatan Air Besar yang telah merespon langsung laporan masyarakat.

Bupati Karolin menegaskan, bencana banjir yang terjadi dibeberapa wilayah Kabupaten Landak tentunya harus disikapi secara cepat dan serius.

“Dan kami sangat mengapresiasi aksi tim tanggap darurat seperti di Desa Sekendal, Kecamatan Air Besar yang telah bergerak cepat ke titik lokasi,” ujar Karolin.

“Kita minta kepada masyarakat jika wilayahnya terkena banjir untuk segera melapor ke aparstur desa setempat, camat diwilayahnya, dan jika perlu hubungi BPBD Kabupaten Landak,” imbau Karolin.

Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *