banner 120x600 banner 120x600

Stop Buang Sampah Plastik di Pantai dan Laut

banner 120x600
banner 468x60

triggernetmedia.com – Kepolisian Resor Bengkayang melalui Satuan Polair Polres Bengkayang mengimbau masyarakat Pesisir  untuk tidak membuang Sampah Plastik di pantai maupun laut.

Hal tersebut penting dilakukan agar ekosistem laut tetap lestari dan bebas sampah plastik.

“Stop Buang Sampah Plastik di Pantai Maupun Laut” menjadi tema penting yang diusung Sat Polair Polres Bengkayang dalam rangka memberikan imbauan kepada masyarakat di pesisir untuk tidak membuang sampah plastik sembarangan tersebut.

Himbauan itu disampaikan langsung oleh personil Sat Polari Polres Bengkayang, Bripka Novin Yuhananto kepada masyarakat Pantai Kura-kura di Dusun Tanjung Gundul, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang.

Kapolres Bengkayang AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto melalui Kasat Polair Polres Bengkayang AKP Apep Syamsul Hakim menerangkan, bahwa membuang sampah dilaut akan merusak ekosistem laut, terumbu karang yang berakibat berkurangnya ikan.

Baca juga  Old Trafford Jadi Saksi Bisu Manchester United Dihabisi Tottenham 1-6

 

“Sampah plastik yang dibuang memerlukan waktu yang lama untuk terurai apabila pembuangan sampah plastik ini dilakukan secara terus menerus akan mengurangi tangkapan ikan nelayan,” ujarnya, Kamis (15/8).

“Sampah plastik sangat berbahaya bagi kelestarian ekosistem, dan sumber daya perairan yang di dalamnya dimana ada biota perairan yang hidup seperti ikan, selain membahayakan keselamatan ikan itu sendiri, juga membahayakan kesehatan manusia jika manusia konsumsi ikan,” katanya.

Satuan Polisi Perairan Polres Bengkayang juga menghimbau kepada semua nelayan yang memiliki kapal untuk menyediakan tempat sampah di kapal.

Baca juga  Belanja Kemenkes Paling Besar, Biaya Pengadaan Vaksin COVID-19 Capai Rp21,1 Triliun

“Mari kita sama-sama menjaga kelestarian dan kebersihan laut kita agar tetap bersih dan sumber alamnya dapat terjaga sehingga dapat dinikmati sampai anak cucu kita nanti,” tutup AKP Apep.

Nar | Ariz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.