KPU Bengkayang Lipat Surat Suara Pemilu 2019

Trigger Netmedia - 5 Maret 2019
KPU Bengkayang Lipat Surat Suara Pemilu 2019
 - ()

BENGKAYANG (triggernetmedia.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkayang mulai melakukan pelipatan surat suara. Pelipatan surat suara Pemilu itu dilakukan sejak Selasa (5/3) di Gudang KPUD Bengkayang (Gudang rekanan KPUD An. Bu Ritha) Jalan Guna Baru Trans Rangkang, Kelurahan Sebalo, Kecamatan Bengkayang ,Kabupaten Bengkayang.

“Ada lima jenis surat suara, yakni DPRD kabupaten kota, DPRD provinsi, DPR RI, DPD dan Presiden. Dalam proses pelipatan KPU Bengkayang melibatkan 60 petugas, dengan jumlah surat suara sebanyak 916.936 lembar,” kata ketua KPU Bengkayang, Musa Jairani.

Musa Jairani menyatakan permulaan pelipatan surat suara Pemilu itu mendahulukan pelipatan surat suara presiden dan wakil presiden, kemudian pelipatan surat suara DPD, DPR RI, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Ini dilakukan supaya tertib, dan tidak ada pertukaran surat suara. Sebab, peluang pertukaran bisa terjadi,” ujarnya.

Baca juga  Andil 3 Pemain Muda Arsenal Bantai Chelsea 3-1 di Stadion Emirates

Dengan melibatkan 60 petugas dalam pelipatan dan pensortiran surat suara Pemilu itu, KPU Bengkayang menargetkan dalam dua minggu kedepan pekerjaan tersebut selesai.

“Namun, jika nantinya target yang sudah kita tentukan belum selesai, maka kita akan libatkan petugas, tambahan,” jelas Musa Jairani.

Petugas yang melakukan pelipatan dan pensortiran surat suara Pemilu sudah sesuai dengan SOP yang ada, dan sudah melewati seleksi. Seluruh personel yang terlibat dalam pelipatan dan sortir surat suara Pemilu dilarang membawa tas, kantong dan sejenisnya.

“Mereka semua juga diilarang membawa telepon genggam, kamera saat melakukan perjalanan, itu sesuai dengan tata tertib KPU yang berlaku. Tata terbit itu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya pelanggaran, dan ada oknum petugas yang dengan sengaja melakukan pemotretan dan lainnya,” jelas Musa Jairani.

Baca juga  Said Didu Hari ini Diperiksa, Fadli Zon: Ini Ujian Demokrasi Kita

Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkayang, Yosef Harry Suyadi menyatakan Bawaslu akan melakukan pemantauan dari hari pertama pelipatan sampai selesai.

“Kita akan melakukan pemantauan terkait proses pelipatan dan sortir surat suara pemilu itu sampai selesai. Diharapkan semoga semua berjalan sesuai harapan kita bersama,” ucapnya.

Bawaslu Bengkayang mengimbau seluruh petugas yang terlibat dalam pelipatan dan penyortiran surat suara menjaga integritas dan Independensi selama bekerja.

“Tentu petugas sudah mengikuti semua tata tertib dari KPU. kita berharap semuanya selesai tepat waktu,” kata Yosef Harry Suyadi.

Proses pelipatan dan sortir dan surat suara Pemilu 2019 itu juga dipantau langsung oleh Kapolres Bengkayang.

Pewarta : Doe
Editor : Dhesta

Tinggalkan Komentar

Streaming

Close Ads X