Sinergi Forkopimda Percepat Pulihkan Akses Jalan Bukit Matok

Trigger Netmedia - 1 Maret 2019
Sinergi Forkopimda Percepat Pulihkan Akses Jalan Bukit Matok
 - ()

Foto Istimewa

MELAWI (triggernetmedia.com) – Bupati Melawi, Panji, S.Sos beserta Forkopimda dan jajaran meninjau langsung lokasi terdampak longsor yang terjadi di Bukit Matok, Desa Pemuar, Kecamatan Belimbing. Peninjauan Forkopimda Melawi itu terpantau sejak Jum’at (1/3) sejak pukul 10.40 WIB.

Anggota Tagana Melawi, Sedayu mengabarkan saat ini sejumlah petugas dan alat berat masih melakukan evakuasi terhadap material longsor guna membuka akses lalu lintas yang tertimbun longsor.

“Sejauh ini belum ada korban jiwa. Untuk akses jalan sudah bisa dibuka. Namun, kita imbau masyarakat harus tetap waspasa, saat melintasi jalur Bukit Matok,” ujar Sedayu.

Sejumlah pihak yang diterjunkan langsung menanggulangi area yang terdampak longsor antar lain TNI, POLRI, Tagana, FKPPI, Baguna PDI P, Satpol PP dan BPBD.

Baca juga  Webinar Kompetensi Wirausaha Kelautan dan Perikanan

“Penanggulangan bencana longsor Bukit Matok menggunakan alat berat jenis exavator dan tractors, serta watercanon,” kata Sedayu.

Selain mengakibatkan akses transportasi dan distribusi logistik terganggu. Bencana longsor Bukit Matok yang terjadi pada Kamis malam (28/2) mengakibatkan jaringan listrik di Desa Pemuar dan Desa Batu Buil dan sekitarnya mengalami kerusakan.

Ketinggian Bukit Matok, Desa Pemutar diperkirakan mencapai 300 MDPL. Lokasi tersebut diduga warga sebagai pusat galian C ilegal, yang letaknya sekitar 17 kilometer dari kota Nanga Pinoh.

Sedikitnya ada 4 titik atau lokasi yang terdampak longsor di kaki Bukit Matok. Hingga kini, jaringan listrik PLN di seputar masih dalam proses perbaikan jaringan oleh petugas.

Kasatlantas Polres Melawi, AKP Aang Permana mengatakan, akibat longsor di kaki Bukit Matok, ratusan kendaraan terjebak di sekitar lokasi.

Baca juga  Ibu dan Anak Positif Corona Alami Depresi, Pasien 05 di RSPI Bosan di Kamar

“Kita sudah kerahkan Satlantas Polres Melawi untuk mengamankan dan mengurai langsung lalu lintas di TKP. Selain itu, petugas juga sudah memasang tanda darurat,” ujar Kasatlantas.

Kasatlantas AKP Aang Permana mengimbau para penggemudi yang melintas di lokasi untuk mengurangi kecepatan dan berhati-hati saat melintas.

“Respons cepat yang dilakukan petugas, merupakan upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas dan memberikan rasa aman kepada para pengemudi yang melintas dilokasi tersebut,” ucapnya.

Dari pantauan triggernetmedia.com, terpantau Kadis PU Melawi, Makarius Horong, Kapolres Melawi, AKBP M fadlin dan Kepala BNPB Melawi Safarudin turut meninjau dan membantu langsung proses evakuasi guna percepatan pemulihan jalur timur di Provinsi Kalbar yang terdampak bencana longsor itu.

Pewarta : Dea
Editor : Arizbroadcaster

Tinggalkan Komentar

Streaming

Close Ads X