banner 120x600 banner 120x600

KKR Dorong Sektor Pariwisata Berikan Efek Berganda

banner 120x600
banner 468x60

KUBU RAYA (triggernetmedia.com) – Sebanyak 24 peserta pemilihan Duta Pariwisata Kabupaten Kubu Raya Tahun 2019 beraudiensi dengan bupati Muda Mahendrawan di Kantor Bupati Kubu Raya, Kamis (28/2).

Audiensi peserta kontes Duta Pariwisata itu sekaligus perkenalan dengan Bupati Muda Mahendrawan. Mereka juga berkesempatan mendengarkan pemaparan langsung terkait program-program pembangunan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, khususnya terkait sektor kepariwisataan daerah oleh bupati Muda Mahendrawan.

“Supaya semua punya pemahaman dan persepsi yang sama terkait masalah pariwisata. Karena pariwisata ini adalah soal cara pandang. Ini memang yang ingin kita tanamkan,“ kata Bupati Muda dalam arahannya.

Sejak lama, kata Muda, dirinya memandang penting pembentukan karakter dalam konteks pembangunan pariwisata daerah. Semua pihak, khususnya kaum muda, kata dia, harus bisa menjadi corong informasi bagi berbagai potensi daerahnya sendiri.

“Diharapkan agenda seperti ini bukan sekadar formalitas belaka. Karena ini sangat berdampak, dan kita harapkan karakter kaum milenial mampu menularkan ini kepada generasinya dan terhubung dengan program-program pemerintah daerah,“ harapnya.

Muda menegaskan, pentingnya generasi muda menjadi penyampai informasi khususnya tentang kelebihan dan kekhasan daerah Kabupaten Kubu Raya. Termasuk keberagaman dan kearifan lokal yang ada. Tatanan masyarakat tersebut. Sebab, menurutnya, sebagai bentuk peradaban yang unggul itu harus dapat digali secara bersama-sama.

Baca juga  Tolak Omnibus Law Cipta Kerja, Ribuan Mahasiswa Geruduk Istana Hari Ini

“Makanya sekarang ini kita harus tahu kenapa pariwisata itu kemudian diutamakan untuk menjadi penggerak sektor ekonomi. Baik itu industri pariwisata maupun pariwisata dalam konteks yang lebih luas luas. Karena memang di situ ada sirkulasi orang yang bergerak. Kita berharap sirkulasi itu akan lebih maksimal berada di daerah kita sehingga berakibat pada multi efek ekonomi yang akan bergerak juga kepada masyarakat dalam bentuk-bentuk pendapatan daerah melalui berbagai jasa dan penunjang,“ jelas Muda.

Melalui pariwisata, sambung Muda, semua potensi daerah bisa disalurkan. Terlebih melihat kondisi geografis Kubu Raya yang strategis sebagai salah satu pintu masuk ke Kalimantan Barat.

“Kaum muda harus bisa mengambil peluang sebesar-besarnya bersama pemerintah untuk menggerakkan kegiatan ekonomi.
Tentu ini dapat mengurangi pengangguran dan menggerakkan aktivitas yang dapat memberikan nilai tambah. Perlu agenda-agenda yang sifatnya tidak hanya aktualisasi anak muda secara fisik, tapi juga aktualisasi informasi dan segala hal yang bisa digali dari keunikan di masyarakat. Itu bisa melalui berbagai even dan bukan sekadar rutinitas,“ ucapnya.

Baca juga  Ramai Skandal Asuransi, OJK Baru Mau Buat Aturan Lebih Ketat

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kubu Raya, Cicilia Tri Agustina menyatakan, pengembangan sektor pariwisata merupakan salah satu program wajib yang ditekankan Presiden Joko Widodo. Karena itu, menurutnya para peserta kontes Duta Pariwisata harus mampu menjadi perantara atau corong informasi dari ragam potensi yang ada di Kabupaten kubu Raya.

“Seleksi yang kita lakukan merujuk standar nasional. Ada psikotes dan tes presentasi potensi wisata kecamatan asal peserta, beauty class, pembekalan materi dari dewan juri, tes uji bakat, kemampuan bahasa Inggris, dan pelajaran etika dan tata krama,“ kata dia.

Pewarta : Rio / Humas Pemkab. Kubu Raya
Editor : Arizbroadcaster

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.