Penjabat Sekda Kubu Raya Semangati ASN Pra Purnatugas

Trigger Netmedia - 27 Februari 2019
Penjabat Sekda Kubu Raya Semangati ASN Pra Purnatugas
 - ()

KUBU RAYA (triggernetmedia.com) – Masa purna tugas atau pensiun secara alamiah akan menghampiri setiap pegawai. Namun, sebagian pegawai diantaranya mungkin merasa cemas karena merasa akan kehilangan kegiatan rutin dan penghasilan pada saat pensiun.

“Hal itulah yang ditakuti sebagian orang yang memasuki masa pensiun atau biasa disebut post power syndrome. Ini mengkawatirkan. Mudah-mudahan kita semua tidak demikian karena sebagai umat yang beragama, kita yakin rezeki itu datangnya dari Tuhan Yang Maha Esa, bukan dari selainnya,” kata Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya, Yusran Anizam saat membuka kegiatan Sosialisasi Pembekalan Ketaspenan dan Layanan Pembayaran Pensiun kepada Pra-Purnatugas ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Rabu (27/2), di Aula Kantor Bupati Kubu Raya.

Masa pensiun, ungkap Yusran, sesungguhnya tidak seburuk yang dibayangkan sebagian orang. Ia menyebut cukup banyak pegawai yang kemudian menjalani masa pensiun dengan menyenangkan dan bahagia. Karena itu dirinya mengingatkan para pegawai untuk mempersiapkan diri menghadapi masa pensiun. Baik persiapan finansial maupun psikologis.

Baca juga  Wahana Visi Indonesia Bantu 1.040 Masker N95

“Termasuk persiapan semua persyaratan terkait proses penerbitan SK pensiun dan pemberkasan untuk pengajuan permohonan surat permintaan pembayaran klaim kepada PT. Taspen,” imbaunya.

Sebagian pensiunan, kata Yusran, bahkan ada yang beralih profesi menjadi pengusaha. Menurutnya, hal itu sangat positif karena selain bisa mengisi waktu, juga menjadi sumber penghasilan lain yang lebih menjanjikan.

“Justru secara nominal penghasilannya lebih besar dibandingkan penghasilan semasa aktif di pegawai. Karena telah menjadi pengusaha,” ucapnya.

Terkait pelayanan kepada ASN purna tugas, Yusran mengatakan hal itu akan dilakukan oleh Bank Mantap. Bank Mantap adalah bank nasional yang dimiliki dua perusahaan negara, yakni Bank Mandiri dan PT Taspen (Persero).

Baca juga  AJI-FSPMI: Tolak Tapera karena Menambah Beban Pekerja

Bank Mantap Cabang Pontianak, kata Yusran, akan memberi pelayanan lebih kepada ASN untuk membantu proses pemberkasan secara proaktif sampai dengan pengajuan SPP klaim.

Seorang ASN pra-purna tugas, Tarmizi, menyebut masa pensiun adalah keniscayaan. Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kubu Raya itu hanya berharap tetap sehat hingga memasuki masa purna tugas pada Juni mendatang.

“Karena pensiun ini sudah sampai dan akan kita alami. Ini tidak dihindari. Mudah-mudahan kita diberikan kesehatan hingga tiba waktunya menerima SK pensiun,” singkatnya.

Pewarta : Rio / Humas Pemkab. Kubu Raya
Editor : Arizbroadcaster

Tinggalkan Komentar

Streaming

Close Ads X