banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Sektor Pariwisata KKR Bangun Ekonomi Lewat Industri Kreatif

banner 120x600

KUBU RAYA (triggernetmedia.com) – Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo menyebut sektor industri kreatif dapat menjadi salah satu cara membangun perekonomian masyarakat.

“Pembangunan ekonomi kreatif tersebut di antaranya bisa berasal dari sektor pariwisata. Keduanya berjalan seiring, dimana destinasi wisata terbangun dengan baik, mudah diakses, maka akan tumbuh industri ekonomi kreatif di daerah tersebut,” kata Sujiwo saat membuka kegiatan Worshop/Pelatihan Tari Harmoni Kubu raya dan Joget Pesona Kubu Raya di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Kamis (21/2).

Pembangunan ekonomi kreatif, sebut Sujiwo memerlukan dukungan semua pihak baik lintas sektor maupun lintas instansi. Sinergi tersebut menurutnya akan mampu menggairahkan dan menumbuhkan kembali semangat industri kreatif agar kembali berjaya.

“Sehingga masyarakat yang berkecimpung dalam industri itu bisa hidup ekonominya. Caranya dengan menghidupkan seni dan budaya yang ada di masyarakat,” sebutnya.

Seni dan budaya yang kita miliki, sambung Sujiwo sangat banyak dan kaya. Tinggal sekarang bagaimana membuat kemasan yang bagus dan menarik, mengolahnya menjadi sebuah pertunjukan yang menarik masyarakat untuk menyaksikan serta bagaimana mempromosikan dan menyajikannya semenarik dan sekreatif mungkin.

“Salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari ekonomi kreatif adalah pertunjukan seni dan budaya. Pertunjukan seni dan budaya jika dikemas dengan baik akan mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat,” ujar Sujiwo.

Para peserta pelatihan tari harmoni Kubu Raya dan joget pesona Kubu Raya itu diharapkan mampu menjadi bagian penting dari pengembangan industri tersebut.

“Dengan menjadi duta dan mempromosikan kepada masyarakat, semakin banyak masyarakat yang mengetahui potensi ini. Kita harus melakukan gerakan yang massif untuk mempromosikan ini. Sehingga nantinya akan menjadi sebuah ciri khas daerah kita. Bila perlu bisa kita lakukan secara massal, untuk menggerakkan ekonomi masyarakat,” kata Sujiwo.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kubu Raya, Cicilia Tri Agustina, menystsksn komit mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dari sektor ekonomi kreatif.

“Hal itu dilakukan dengan berbagai inovasi demi mendukung program-program pemerintah Kabupaten Kubu Raya,” jelas dia.

Cicilia Tri Agustina menegaskan, pihaknya akan terus mendorong dan melahirkan berbagai inovasi program.

“Semua itu untuk mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat dari sektor industri kreatif,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kubu Raya, Rosalina Muda Mahendrawan mengapresiasi setiap bentuk kegiatan yang bisa mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif masyarakat.

“Pelatihan seni budaya merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat kedepannya. Tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan-kegiatan kepariwisataan akan mampu mendorong industri kreatif muncul dengan berbagai kerajinan. Sekaligus dalam waktu yang bersamaan, ekonomi masyarakat juga ikut maju,” sebutnya.

Sektor pariwisata, kata Rosalina, harus ditempatkan pada posisi sebenarnya. Sehingga semua pihak dan pegiat industri pariwisata tidak ragu untuk ikut mengembangkan industri tersebut.

“Kubu Raya mempunyai banyak lokasi pariwisata yang dapat dikemas dan diolah menjadi sebuah destinasi industri pariwisata. Dengan ide dan gagasan konsep yang kreatif, maka masyarakat luas akan tertarik untuk berkunjung. Kita semua harus bekerja sama dan mendorong pertumbuhan industri pariwisata kita. Sebab, kita memiliki banyak potensi yang saat ini belum digali dengan maksimal. Ini yang bersama-sama akan kita gali bersama ke depan. Kita promosikan bersama-sama sehingga semakin banyak masyarakat yang mengetahui dan akan berkunjung ke Kubu Raya,” ujar Rosalina.

Terkait sektor wisata, pemerintah daerah akan mengembangkan destinasi dan magnet wisata, di antaranya wisata seni dan budaya, wisata religi, wisata kreatif (wisata buatan), dan ekonomi kreatif terpadu dan berdaya.

Bupati Muda Mahendrawan menegaskan, sektor pariwisata telah menjadi penetapan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk Kubu Raya, dan diprioritaskan sebagai daerah dalam pengembangan industri dan pariwisata.

“Dengan melihat berbagai keunggulan dan keindahan alam yang dimiliki daerah ini, tentunya kita sangat berpeluang di sektor pariwisata ini. Karena Kubu Raya berada di jalur pintu udara atau melalui pintu masuk bandara, kemudian wilayah kita juga dikelilingi sungai dan sebagai pintu masuk dari daerah luar dan jalur darat juga menjadi pintu masuk dari luar,” pungkasnya.

Pewarta : Rio / Humas Pemkab. Kubu Raya
Editor : Arizbroadcaster

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *