Cuaca ektrim memutus aliran listrik di Bengkayang

  • Bagikan
banner 468x60

BENGKAYANG (triggernetmedia.com) – Cuaca ekstrim terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Bengkayang. Hujan deras disertai angin kencang pada Selasa sore (8/1) kemarin mengakibatkan banjir dan tanah longsor disejumlah titik.

“Kondisi itu menyebabkan suplai listrik di kota Bengkayang dan sekitarnya terganggu,”
kata Manajer UP3 Singkawang, Sumarsono, Rabu (9/1).

Beberapa lokasi yang terdampak cuaca buruk itu, sebut Sumarsono, yakni di perumahan BTN Luna, hingga terjadi banjir.

“Akibatnya instalasi PLN berupa panel gardu terganggu. Namun, upaya preventif segera dilakukan dengan memadamkan aliran listrik ke lokasi guna menghindari bahaya korsleting listrik,” ujarnya

Sedangkan di daerah Sentagi yang merupakan percabangan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) mengalami putus cut out. Menurut Sumarsono padahal sarana tersebut merupakan alat proteksi.

Baca juga  Petugas Damkar Jadi Korban Kabel Melintang, Wali Kota Pontianak Sentil BUMN Terkait

Setelah dilakukan pengecekan, dilokasi tersebut ternyata terjadi longsor. Longsor terjadi tepat di lereng bukit.

“Disana memang ada pohon yang tumbang menimpa jaringan listrik, sehingga mengakibatkan 1 tiang miring,” jelas Sumarsono.

Meski demikian, lanjut Sumarsono, di BTN Luna pada jam 23.30 WIB daerah yang terdampak banjir itu sudah mulai surut, dan hujan pun reda, sehingga PLN segera melakukan normalisasi aliran listrik menuju ke rumah warga.

“Tentu kami berupaya untuk memberikan layanan terbaik, maka setelah kondisi cuaca mulai kondusif segera kami lakukan perbaikan agar masyarakat dapat segera menikmati listrik,” ucapnya.

Baca juga  IHSG Dibuka Merah di Level 6.094 Pagi Ini

Sedangkan pada daerah Sentagi, menurut Sumarsono proses perbaikannya akan dilakukan pagi ini (Rabu, 9/1), dengan estimasi pekerjaan sekitar 3 hingga 4 jam. Pekerjaan teersebut dimulai sejak pukul 09.00 WIB.

“Karena kondisinya kemarin itu tidak memungkinkan untuk dilakukan perbaikan akibat cuaca dan kondisi medan yang masih belum kondusif. Atas nama manajemen PLN UP3 Singkawang, kami mengucapkan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelayanan yang telah kami berikan.
Kita berharap kedepan cuaca di bumi khatulistiwa umumnya di kota Bengkayang dan sekitarnya aman dan cerah,” ujar Sumarsono.

Pewarta : Hendra / Humas PT. PLN UIW Kalbar
Editor : Arizbroadcaster

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *