banner 120x600 banner 120x600

Cuaca Ekstrim Masih Berpotensi Terjadi di Ketapang dan KKU

banner 120x600
banner 468x60
Foto : Kepala BMKG Kelas III Rahadi Oesman Ketapang, Iqsan

KETAPANG (triggernetmedia.com) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Rahadi Oesman Kelas III Ketapang menyatakan cuaca extrem masih berpontensi terjadi di wilayah Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

“Diprakirakan satu minggu ke depan secara umum Kalimantan Barat masih berpotensi hujan. Namun, sebagian besar wilayah Kalbar hanya hujan intensitas ringan,” kata Kepala BMKG Kelas III Rahadi Oesman, Ketapang, Iqsan, Senin (24/12).

Menurut Iqsan, hanya Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara yang berpeluang besar terjadi hujan lebat dan disertai angin kencang.

“Kumpulan massa udara yang menyebabkan hujan lebat satu minggu ke depan diprakirakan terkonsentrasi di Laut sekitar Kalimantan Barat bagian selatan. Sehingga Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara berpeluang besar terjadi hujan lebat. Hal tersebut dipicu oleh adanya pertemuan angin di sekitar Laut Jawa,” ujarnya.

Baca juga  Pemerintah Janji Berikan Perlindungan Optimal Bagi Dokter dan Tim Medis

Iqsan menyebut potensi pasang maksimum akan terjadi pada tanggal 24 – 27 Desember 2018. Menurutnya potensi tersebut perlu diwaspadai, karena menyebabkan terjadinya banjir rob di pesisir Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara.

“Kita juga mengibau seluruh masyarakat Ketapang dan Kayong Utara agar lebih waspada, terutama warga yang tinggal di pesisir pantai dan di bantaran sungai yang rawan terkena banjir Rob dan Angin Kencang,” imbaunya.

Khusus para nelayan tradisioanal dan jasa transportasi air diminta untuk selalu berhati-hati, serta dapat memantau berubahan cuaca saat akan turun melaut.

Diikatakan Iqsan, wilayah Kalimantan Barat lainnya akan kecil kemungkinan terjadinya hujan lebat. Meski demikian perlu diwaspadai potensi peningkatan suhu udara.

Baca juga  Arab Fashion Week, Baju Ketat Patricia Gouw Bikin Salfok

“Dengan baiknya potensi kondisi cuaca di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat, kita berharap semoga kegiatan transportasi udara khususnya di Bandara Rahadi Oesman Ketapang dan transportasi darat di wilayah Kalimantan Barat akan lancar hingga saat perayaan Natal dan Tahun Baru dapat berjalan dengan lancar,” kata Iqsan.

Pewarta : Jhon
Editor : Arizbroadcaster

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.