BBM Satu Harga Hadir Di Wilayah 3T Seluas

Trigger Netmedia - 5 Desember 2018
BBM Satu Harga Hadir Di Wilayah 3T Seluas
 - ()

BENGKAYANG (triggernetmedia.com) – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (SPBKB) kini telah dihadirkan di Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Penyalur Bahsn Bakar Minyak (BBM) tersebut merupakan representasi program distribusi BBM Satu Harga, dan sudah diresmikan Sekretaris BPH Migas, Mohammad Hidayat bersama Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, pada Rabu (5/12).

“SPBKB Seluas merupakan bagian dari partisipasi aktif AKR dalam menjalankan Program Pemerintah BBM Satu Harga, sebagaimana Instruksi Presiden RI Bapak Joko Widodo, AKR secara aktif mengembangkan lembaga-lembaga penyalurnya di beberapa wilayah Indonesia,” kata Sekretaris BPH Migas Muhammad Hidayat.

Menurut Muhammad Hidayat, SPBKB Seluas menjadi bagian dari pengoperasian Lembaga Penyalur BBM Satu Harga yang ke-6 bagi AKR. Sebelumnya AKR telah mendirikan dan mengoperasikan 5 outlet SPBKB Lembaga Penyalur BBM Satu Harga di Kabupaten Landak, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Ketapang di Propinsi Kalimantan Barat dan di Kabupaten Lampung Barat, Propinsi Lampung.

“Saat ini AKR sedang menyelesaikan perijinan dan pembangunan empat Lembaga Penyalur BBM Satu Harga di wilayah 3T, yakni tertinggal, terdepan, dan terluar sampai dengan tahun 2019,” jelasnya.

Dikatakan, AKR sebagai perusahaan swasta nasional telah menunjukan komitmennya untuk terus mendukung program pemerintah BBM satu harga dalam rangka mewujudkan energi berkeadilan bagi seluruh bangsa.

Baca juga  'OMG' Harga Gula Tembus Rp 20 Ribu Per Kg

“Target SPBKB BBM satu harga di Indonesia dari tahun 2017 – 2019 ada 160 unit. Peresmian kali ini merupakan yang ke-106,” ucapnya.

Dari 160 unit SPBKB BBM satu harga, kata Muhammad Hidayat, yang diperuntukan bagi wilayah 3T itu sebanyak 150 unit diantaranya dikondisikan oleh PT. Pertamina. Dan 10 unit dari AKR.

“Untuk tahun 2018 target SPBKB BBM satu harga ada 73 unit yang terdiri 63 Pertamina dan 10 AKR,” jelasnya.

Dengan berdiri dan beroperasionalnya outlet SPBKB AKR Seluas, masyarakat sekitar diharapkan dapat menikmati BBM dengan harga yang sama sebagaimana ditetapkan oleh pemerintah.

“Harga BBM yang dijual sama seperti harga BBM di pulau-pulau lainnya di seluruh NKRI. Itu tentu untuk mewujudkan energi berkeadilan di Indonesia,” ucap Muhammad Hidayat.

Head of Retail PT AKR Corporindo Tbk (“AKR”) Muliady Jahja menyatakan hal yang sama, menurutnys AKR sebagai perusahaan swasta nasional berkomitmen terus mendukung program Pemerintah BBM Satu Harga dalam rangka mewujudkan energi berkeadilan bagi seluruh bangsa.

“Dengan berdiri dan beroperasionalnya outlet SPBKB AKR Seluas ini diharapkan masyarakat sekitar dapat menikmati BBM dengan harga yang sama sebagaimana ditetapkan oleh Pemerintah, dan sama seperti harga BBM di pulau-pulau lainnya di seluruh NKRI,” ucapnya.

Baca juga  Covid-19 di Bengkayang, Dinkes Data 61 ODP dan 1 PDP

Sementara, Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot menyambut baik dan mengapresiasi pemerintah menghadirkan lembaga penyalur program BBM satu harga di daerahnya.

“Ini program pemerintah yang memberikan satu harga sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan bahan bakar. Kita tahu bahan bakar sangat penting bagi masyarakat,” ungkap bupati Suryadman Gidot.

Masyarakat Kabupaten Bengkayang sangat mengapresiasi hadirnya program BBM satu harga. Kelangkaan BBM merupakan salah satu masalah yang dihadapi masyarakat Seluas. Keberadaan AKR di Kabupaten Bengkayang dinilai telah membantu mengatasi masalah ini.

Sejak Penugasan Jenis BBM Tertentu (JBT) pertama kali oleh BPH Migas di tahun 2010, AKR kini telah memiliki lebih dari 130 outlet SPBKB dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBBN), tersebar di 73 Kabupaten/Kota dan 12 Propinsi, antarlain di Sumatera Utara, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.

Pewarta : Doe
Editor : Arizbroadcaster

Tinggalkan Komentar

Streaming

Close Ads X