banner 120x600 banner 120x600

Agropolitan Sungai Pelang, Daya Tarik Wisata Baru Berbasis pertanian

Pj Gubernur Kalbar dan rombongan menyempatkan diri untuk melihat kawasan Agropolitan Sungai Pelang.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, bersama Bupati Ketapang Martin Rantan dan Wakil Bupati Ketapang, Farhan, beserta jajaran Forkopimda Ketapang, mengadakan kunjungan ke Desa Sungai Pelang, Kecamatan Matan Hilir Selatan, untuk meninjau pembangunan Masjid Al-Muhajirin dan kawasan Agropolitan di wilayah tersebut, Rabu (25/10).

Pj Gubernur beserta rombongan awalnya berkunjung ke Masjid Al-Muhajirin di Dusun Kanalisasi. Masjid ini telah selesai dibangun, dan pembangunannya dimulai sejak Desember 2022 oleh Wakil Bupati Ketapang, Farhan.

Para pejabat daerah tersebut sangat antusias melihat hasil pembangunan masjid yang menjadi salah satu pusat kegiatan ibadah masyarakat di desa tersebut.

Setelah itu, rombongan Pj Gubernur Kalbar melanjutkan perjalanan ke kawasan Agropolitan Sungai Pelang. Pj Gubernur terkesan dengan konsep kawasan Agropolitan ini, yang menggabungkan unsur pertanian dan kota.

Menurutnya  kawasan ini sangat baik, selain ada rumah ibadah, juga yang sangat membanggakan memiliki Kota Agropolitan yang berbasis kota pertanian.

“Semoga ini bisa menumbuhkan minat masyarakat dalam menekuni pertanian dan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan mampu menjadi daya tarik tersendiri, mungkin pada sektor wisata agropolitan, yakni wisata berbasis pertanian,” ungkap Harisson.

Kota Agropolitan ini mencakup beberapa desa, termasuk Desa Negeri Baru, Mekar Sari, Sungai Jawi, Sungai Pelang, Sungai Besar Pesaguan Kiri, dan Sungai Bakau.

Melalui penyusunan sarana dan prasarana yang telah tertata dengan baik, kota Agropolitan diharapkan dapat menjadi contoh bagi kawasan lain yang ingin mengembangkan konsep serupa yang berfokus pada pertanian.

Harapannya, kota Agropolitan ini dapat menjadi kawasan pionir yang berbasis pertanian dan dapat memberikan dampak positif pada perekonomian masyarakat, sekaligus menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana pertanian di tengah kota.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *