banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Tanam Padi Perdana di Desa Kelampai Setolo Kecamatan Meranti Landak

Tanam Padi Perdana di Desa Kelampai Setolo, Kec. Meranti
banner 120x600

triggernetmedia.comĀ  – Penjabat (Pj) Bupati Landak Samuel turut melakukan Tanam Padi Perdana di Desa Kelampai Setolo, Kecamatan Meranti. Beberapa Staf Ahli dan sejumlah kepala OPD turut serta melakukan penanaman padi perdana di desa tersebut, pada Rabu (331/5/2023).

“Saya sangat bangga dan bersyukur karena para petani yang telah berkontribusi nyata terhadap upaya peningkatan produksi dan produktivitas beras di Kabupaten Landak,” ucap Samuel.

“Saya memperoleh informasi bahwa kita akan menghadapi fenomena El Nino. Dalam sektor pertanian, fenomena ini dapat menjadi tantangan besar karena dapat mengganggu pola cuaca yang berdampak pada produksi pertanian dan kesejahteraan petani. Hal yang perlu kita waspadai adalah kekeringan, gangguan musim tanam, penyakit dan hama tanaman, penurunan kualitas tanaman, dan ketidakstabilan pasar,” papar Samuel.

Para petani diimbau segera melakukan tanam padi sesuai dengan Surat Edaran Bupati Landak Nomor 501/228/DPPKP/2023 tentang Gerakan Percepatan Tanam Padi Periode Musim Tanam April-September Tahun 2023 di Kabupaten Landak.

Untuk diketahui, target luas tanam Kabupaten Landak untuk periode April-September tahun 2023 seluas 45.100 Hektare.

“Mari kita sukseskan Gerakan Percepatan Tanam ini demi menjaga ketersediaan pangan di wilayah kita,” ajak Samuel.

“Kepada para petugas statistik tanaman pangan agar selalu melaporkan perkembangan luas tanam di wilayah kerja masing-masing secara berjenjang, kirimkan laporan harian ke Kabupaten yang kemudian akan dilanjutkan ke Dinas Provinsi dan Pusat karena dengan adanya laporan ini, akan dijadikan sebagai indikator sejauh mana kita semua sudah bekerja, dengan begitu, target tanam yang telah ditentukan terukur dan bisa dicapai,” timpal Samuel.

Samuel menegaskan, Pemerintah Kabupaten Landak terus berkomitmen untuk mendukung petani, dan selalu bersinergi baik bersama Pemerintah Provinsi, maupun Pemerintah Pusat.

“Adapun komitmen tersebut diwujudkan dalam berbagai program pemerintah seperti melalui pengadaan benih unggul bersertifikat, pupuk bersubsidi, penyediaan sarana dan prasarana pertanian, serta program-program lainnya,” jelasnya.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *