banner 120x600 banner 120x600

Shalat Id yang Digelar PCINU Taiwan Pecahkan Rekor Jumlah Makmum

Ribuan WNI menunaikan Shalat Id di halaman Museum Nasional Taiwan, Taipei, Sabtu (22/4/2023). [ANTARA/PCINU Taiwan]
banner 120x600

triggernetmedia.com – Shalat Idul Fitri yang digelar Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Taiwan bekerja sama dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei berhasil memecahkan rekor dengan dihadiri lebih dari 15.0000 warga negara Indonesia.

Shalat Id itu, yang dilaksanakan di halaman Museum Nasional Taiwan (NTM) Taipei pada Sabtu pagi, terbagi dalam enam gelombang.

“Dalam perkiraan kami, setiap gelombang diikuti sekitar 2.500 makmum,” kata Ketua Tanfidziyah PCINU Taiwan Didik Purwanto, seperti dilansir dari Antara, Sabtu (22/4/2023).

Menurut dia, jumlah jamaah yang membeludak tersebut memecahkan rekor sejak PCINU Taiwan secara aktif menggelar shalat Idul Fitri pada 2008.

“Membeludaknya jamaah hari ini lebih disebabkan oleh longgarnya prokes dibandingkan dengan tahun-tahun yang lalu,” ujarnya. Dinukil pada laman suara.com.

Sementara itu, Kepala KDEI Taipei Iqbal S Shofwan dalam kesempatan menghadiri shalat Id di NTM tersebut berpesan kepada para pekerja migran Indonesia agar selalu mematuhi peraturan perundang-undangan setempat.

Baca juga  Cendekiawan Muslim Kritik Jokowi: Kesalahan Terbesar Serahkan Kendali Pandemi ke Luhut

“Jangan lupa selalu mengutamakan kehati-hatian dalam bekerja agar terhindar dari kecelakaan,” ujarnya mengingatkan.

Shalat Id di halaman NTM itu didukung oleh Global Workers’ Organization (GWO) selaku lembaga non-pemerintahan yang bergerak di bidang pemberdayaan buruh migran di Taiwan, Bank Rakyat Indonesia, dan dua organisasi perguruan silat Indonesia yang banyak pengikutnya di Taiwan, yakin Pagar Nusa dan Setia Hat.

Selain di Taipei, PCINU Taiwan juga menggelar shalat Id di 17 daerah –mulai dari utara, timur, hingga selatan– yang sebagian di antaranya didukung oleh pemerintah lokal.

Dalam kesempatan tersebut, jajaran PCINU Taiwan juga mengajak para jamaah shalat Id untuk mendoakan agar memanasnya situasi lintas-Selat Taiwan segera reda dan perdamaian di kawasan terpelihara.

Baca juga  Pemkot Pontianak Berencana Bentuk BUMD Baru, Lebih Fleksibel Gali Potensi Pemasukan Bagi Daerah

Pemerintah Indonesia sendiri juga telah mempersiapkan langkah darurat untuk mengevakuasi sekitar 350.000 jiwa WNI jika situasi yang tidak diinginkan terjadi di Taiwan.

Beberapa masjid di Taiwan yang dikelola asosiasi Muslim setempat (CMA) juga menggelar shalat Idul Fitri pada Sabtu pagi, sama halnya dengan di China daratan dan Hong Kong.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.