banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600
HeadlineIndonesia MembangunKesehatanKesraKilas KalbarLandakNewsPelayanan PuplikSorotanSospolhukam

Sekda Landak Tekankan Pentingnya Pola Asuh Dalam Upaya Penanggulangan Stunting Pada Anak Usia Dini

×

Sekda Landak Tekankan Pentingnya Pola Asuh Dalam Upaya Penanggulangan Stunting Pada Anak Usia Dini

Sebarkan artikel ini
Sosialisasi Pentingnya Pola Asuh Dalam Upaya Penanggulangan Stunting Pada Anak Usia Dini Kabupaten Landak Tahun 2023, di Aula Kantor Bupati Landak. Selasa(28/3/2023).

triggernetmedia.com – Sekretaris Daerah Landak Vinsensius mengungkapkan, stunting merupakan masalah kesehatan yang membahayakan bagi anak, bukan hanya menganggu pertumbuhan fisik, melainkan juga mengalami gangguan perkembangan otak yang berdampak terhadap tumbuh kembang anak sampai dewasa.

“Stunting disebabkan oleh berbagai faktor sehingga Perlu dilakukan pemahaman kepada orang tua dalam upaya pencegahan stunting melalui intervensi paling menentukan di seribu hari pertama kehidupan (1000 HPK),” ungkapnya pada Sosialisasi Pentingnya Pola Asuh Dalam Upaya Penanggulangan Stunting Pada Anak Usia Dini Kabupaten Landak Tahun 2023, di Aula Kantor Bupati Landak. Selasa(28/3/2023).

Vinsensius menegaskan, anak-anak adalah generasi penerus, terlebih masa depan Kabupaten Landak juga ada ditangan mereka.

“Bagaimana kita akan mencapai Kabupaten Landak maju kalau modal dasarnya anak-anak yang mengalami stunting,” ujarnya.

“Secara umum kasus Stunting di Kabupaten masih tergolong tinggi, sehingga dapat menghambat upaya peningkatan kesehatan masyarakat dan pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Landak, oleh karena itu berbagai tantangan yang harus dihadapi dalam upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Landak,” sambung Vinsensius.

Dikatakannya, ada tiga point utama yang dapat dilakukan dalam upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Landak, yaitu ada komitmen yang kuat dari semua dalam upaya penurunan stunting di Bumi Intan itu.

“Aadanya kolaborsi dari berbagai pihak baik Pemerintah Daerah, desa, akademisi, media, swasta, Lembaga Swadaya dan Mitra Pembanguan,” sebutnya.

“Selain itu penanganan Stunting harus tepat sasaran, untuk percepatan penurunan stunting yang perlu di perhatikan adalah memastikan bahwa program menjangkau semua kelompok sasaran yaitu remaja, calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, dan anak balita,” timpalnya.

Lebih lanjut, Vinsensius mengajak agar optimis dan tidak boleh lengah dalam penanganan stunting. Karena masa depan tergantung pada aksi dan langkah kolaboratif yang seharusnya dilakukan sekarang ini.

“Dalam menyongsong masa depan, kita harus optimis dan tidak boleh lengah. Anak-anak kita adalah bagian dari masa kini dan masa depan,” tutup Vinsensius.

Sebagai informasi Sosialisasi Pentingnya Pola Asuh Dalam Upaya Penanggulangan Stunting Pada Anak Usia Dini Kabupaten Landak Tahun 2023 ini turut dihadiri Bupati Landak Periode 2017-2022, Karolin Margret Natasa, Bunda Paud Kabupaten Landak, Para Kepala OPD, Camat se-kabupaten Landak, Narasumber, dan Peserta Sosialisasi.

Sumber : Diskominfo Kab.Landak

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *