banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Kapuas Hulu Kembali Promosikan Produk Unggulan di Ajang INACRAFT 2023 di JCC

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan bersama Ketua Dekranasda Kapuas Hulu Angelin Fremalco meninjau langsung booth atau Stand Kabupaten Kapuas Hulku pada Pameran INACRAFT 2023 digelar di Jakarta Convention Center (JCC)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu Ny. Angeline Fremalco, menghadiri INACRAFT 2023 di Jakarta Convention Center (JCC). Rabu (1/3/2023).

Seperti diketahui INACRAFT merupakan salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara, yang diantaranyamenampilkan berbagai produk kerajinan seluruh wilayah di Indonesi.

Sebagai informasi, INACRAFT di JCC ini akan berlangsung 1-5 Maret 2023, dan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno.

Di INACRAFT 2023 JCC ini, Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu ikut memamerkan sejumlah produk unggulan, antara lain kain tenun (tenun sidan, tenun ikat, tenun sungkit, dan tenun pileh), ada pula kerajinan dari kayu ulin, aneka anyaman (keban bronai, anyaman bemban, rotan dan bambu) serta aneka aksesoris (manik-manik dan gelang resam).

Kerajinan dari kayu ulin tersebut juga dipadu padankan dengan limbah, seperti akar/kayu ulin yang tertimbun di dasar sungai, yang selanjutnya di daur ulang.

“Melalui INACRAFT 2023 ini kita punya kesempatan untuk mempromosikan produk kerajinan lokal, sekaligus guna mendapat akses bagus terhadap peluang pasar, baik domestik maupun internasional,” kata Bupati Sis.

Bupati Sisi menyebut, di INACRAFT 2023 ini, Kapuas Hulu juga mengutus 1 orang penenun binaan Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu atas nama Ibu Susiana Tau.

“Ibu Susiana ini kita percayakan untuk melakukan demo lansung berkenaan dengan proses pembuatan kain tenun sidan di stand Provinsi Kalimantan Barat. Ada juga sejumlah kepala OPD terkait yang ikut serta melakukan pendampingan,” sebut Bupati Sis.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu, Ny. Angeline Fremalco mengungkapkan, pada Tahun 2022, Kain Tenun Sidan Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu berhasil memperoleh Juara 1 kategori tekstil dan Best of the Best dalam dalam INACRAFT Award 2022.

“Semoga tahun ini juga dapat menarik perhatian tim penilai dan pengunjung,” harapnya.

Pameran INACRAFT 2023 ini diikuti 1.118 peserta, terdirti dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM), mengisi 1.200 booth yang terdiri dari 904 anggota ASEPHI, 214 non anggota, dan 61 peserta binaan Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian BUMN dan Kementerian Hukum dan HAM, 35 BUMN, 255 peserta binaan dinas atau dekranasda, sampai Sekretaris Badan Pengurus Pusat (BPP) ASEPHI sekaligus Project Officer INACRAFT 2023 Baby Jurmawati.

Pameran INACRAFT diinisiasi oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) dan bekerja sama dengan PT Mediatama Binakreasi.

Pameran INACRAFT 2023 ini diantaranya menggelar :

(1) Pemilihan Produk Kerajinan Terbaik atau Indonesia Handicraft Award 2023 standar dan kriteria produk kerajinan excellence dari UNESCO & World Craft Council;

(2) Pemilihan Best Booth dengan desain terbaik;

(3) Best Photocrafty Competition bertema “Discover The Uniqueness of INACRAFT” bersama Fuji Film;

(4) Fashion show Best Selection of INACRAFT Exhibitors dalam tajuk Craftivity in Diversity, from Craftpreneur for the World pada Awarding Night;

(5) Workshop & talkshow di Podcraft Digicraft Lounge secara live streaming;

(6) Penandatanganan nota kesepahaman dengan Pihak Chambre d’Artisanat Casablanca Settat dan Division Cooperation dari Maison de l’Artisan Ministere du Tourisme de l’Artisanat et de l Economie Sociele et Solidaire Kingdom of Morocco; (7) Pertemuan ASEAN Handicraft Promotion and Development Association (AHPADA).

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *