banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Sekda Ketapang Ajak Semua Pihak Sinergi Tanggulangi Karhutla

Pemeriksaan kesiapan alat pemadam kebakaran usai apel, Kamis (16/02/2023). Foto: BPBD Ketapang
banner 120x600

triggernetmedia.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Ketapang, Alexander Wilyo menjadi inspektur apel kesiapan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) wilayah Ketapang di PT Kayung Agro Lestari (KAL), Kamis (16/2/2023) pagi.

Apel tersebut turut dihadiri  Kapolres Ketapang, Dandim 1203 Ketapang, Danlanal, Manggala Agni, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP, Camat, Danramil, Kapolsek, 3 Kepala Desa dan pihak PT KAL.

Dalam arahannya, Sekda alex menyebut apel kesiapan penanggulangan Karhutla diinisiasi Dandim 1203 Ketapang dan difasilitasi PT KAL.

“Kita mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT KAL, karena telah menginisiasi dan fasilitasi apel kesiapan penanganan Karhutla,” ujarnya.

Pemkab Ketapang, sambung Alex, mengapresiasi kepada Dandim dan Kapolres beserta seluruh jajaran, Manggala Agni, BPBD dan semua pihak terkait yang selalu mengambil peran dalam partisipasi penanganan Karhutla.

Dikatakan, sesuai informasi BMKG diprakirakan tahun 2023 masa panas berlangsung lebih panjang. Sebab adanya fenomena El-Nino, sehingga membuat potensi Karhutla rawan terjadi di Kalbar, termasuk Ketapang.

“Semua komponen yang ada bahu membahu menghadapi potensi Karhutla. Dengan kekompakan dan kesolidan bersama Pemda, TNI-Polri, Manggala Agni, perusahaan, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan seluruh elemen masyarakat, tentu penanganan Karhutla semakin ringan,” ujar Sekda Alex.

Ditegaskannya, penanggulangan Karhutla merupakan tanggung jawab bersama. Karenanya kerja sama dan sinergitas harus dilakukan. Sebab, dampak dari Karhutla memberikan efek negatif.

“Tidak hanya dari segi ekosistem, kerusahan hutan, kesehatan dan pendidikan, namun juga perekonomian seperti halnya Karhutla yang terjadi pada 2015 lalu,” jelasnya.

Sebagai wujud persiapan, dilakukan upaya penanggulangan dengan pencegahan lewat apel siaga, kesiapan pengecekan perlengkapan dan personil, sosialsiasi serta edukasi kepada seluruh pihak.

Setelah itu dilakukan upaya pengendalian. Di antaranya memetakan titik-titik yang rawan terjadi Karhutla guna dapat ditanggulangi sedini mungkin.

“Jika upaya-upaya dilakukan, serta penanganan secara kompak dan cepat, tentu penanganan bisa dilakukan cepat. Namun jika terlambat di lokasi-lokasi rentan terjadinya Karhutla, maka sulit ditanggulangi. Selain dua upaya tersebut, langkah terakhir yang bisa dilakukan aparat berwenang adalah penindakan hukum. Ini menjadi langkah terakhir,” kata Sekda Alex.

Alex menambahkan, apa yang dilakukan PT KAL dapat menjadi role model dan diterapkan untuk perusahaan-perusahaan lain.

“Jika semua perusahaan telah siap melakukan berbagai langkah pencegahan, penanggulangan, persiapan peralatan dan personil, penanganan Karhutla menjadi bisa semakin ringan ditanggulangi bersama,” tandasnya.

 

 

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *