banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Camilan yang Aman untuk Penderita Diabetes, Rendah Gula

Ilustrasi makanan yang bisa dijadikan cemilan. (Pexels.com/Mo Abrahim)
banner 120x600
banner 468x60

triggernetmedia.com – Penderita diabetes umumnya menjalankan diet sehat untuk menjaga agar kondisinya tidak semakin parah. Walau begitu, bukan berarti tidak boleh makan camilan sama sekali, kan? Camilan untuk penderita diabetes sebenarnya malah cukup beragam.

Bingung memilih camilan sehat yang tidak berdampak buruk pada kondisi diabetes? Dirangkum dari suara.com dan berbagai sumber, beberapa camilan di bawah ini bisa jadi opsi yang menarik untuk Anda. Simak selengkapnya!

1. Berbagai Jenis Kacang-kacangan

Kacang tanah, walnut, almond, dan berbagai jenis kacang-kacangan lain bisa menjadi camilan sehat untuk penderita diabetes. Kandungan vitamin, mineral, dan lemak sehat bisa diperoleh sebagai sumber energi untuk tubuh.

Meski demikian, konsumsinya tetap tidak boleh terlalu banyak karena adanya kandungan karbohidrat. Jadi, konsumsi dalam batasan wajar saja.

 

2. Sehat dan Mudah, Telur Rebus

Makanan yang digoreng memang tidak terlalu direkomendasikan untuk penderita diabetes. Inilah mengapa kemudian telur rebus jadi camilan untuk penderita diabetes yang tepat. Sebab, proses memasaknya direbus.

Kandungan protein di dalam telur memakan waktu cukup lama untuk diubah menjadi gula darah. Dengan begitu, kadar gula darah tidak akan naik secara pesat dalam waktu singkat.

Baca juga  Resep Pisang Molen Renyah untuk Camilan di Rumah

 

3. Konsumsi Yogurt

Olahan susu yang satu ini juga sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes. Yogurt dapat membantu menstabilkan gula darah dan memberikan asupan kalsium untuk tubuh serta berbagai nutrisi penting lainnya.

Hanya saja, sebagai catatan, Anda sebaiknya mengonsumsi yogurt yang rasanya plain dan rendah lemak. Ini agar Anda bisa memperoleh manfaat optimal dari olahan susu tersebut.

Alpukat (pexels/Foodie Factor)
Alpukat (pexels/Foodie Factor)

 

4. Alpukat dengan Lemak Tak Jenuh

Alpukat dikenal sebagai salah satu makanan dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Di sisi lain, kandungan ini juga baik untuk membantu mengontrol gula darah penderita diabetes.

Anda juga dapat memperoleh kandungan serat yang tinggi dalam seporsi sajian buah ini. Alpukat cukup populer karena mudah dikombinasikan dengan banyak buah lain.

 

5. Camilan Apel dan Keju

Apel hijau menjadi jenis apel yang direkomendasikan untuk penderita diabetes. Dikonsumsi bersamaan dengan keju, buah ini bisa memberikan banyak nutrisi yang diperlukan tubuh, termasuk vitamin B1 dan kalsium, tanpa meningkatkan risiko diabetes menjadi lebih parah.

Baca juga  Ada Resep Eclair Coklat Nan Menggoda

 

6. Popcorn, Lezat dan Nikmat!

Saat boleh sedikit cheating, popcorn dapat menawarkan kelezatan dan kenikmatan camilan untuk penderita diabetes. Adanya kandungan vitamin dan mineral sangat membantu menambah asupan nutrisi pada tubuh dengan cara yang sedap. Bisa ditambah sedikit rasa, seperti garam, mentega, atau pemanis gula yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.