banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Bakal Tebar 680.000 Rice Cooker Gratis, Jokowi: Buat Masyarakat Miskin Tahun Depan

Presiden Jokowi
banner 120x600

triggernetmedia.com – Pemerintahan Presiden Joko Widodo berencana akan membagikan sekitar 680.000 rice cooker atau penanak nasi listrik gratis melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bagi sejumlah masyarakat miskin pada tahun depan.

Meski demikian Subkoordinator Fasilitasi Hubungan Komersial Usaha Ketenagalistrikan, Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM, Edy Pratiknyo mengungkapkan bahwa program ini masih digodok dan dibahas dengan sejumlah pihak.

“Ini masih dalam tahap pembahasan dan belum sampai di publish bantuan e-cocking atau penanak nasi listrik,” kata Edy dalam sebuah diskusi di Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Dia menyebutkan bahwa nantinya setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ini akan mendapatkan satu unit rice cooker pemberian dari pemerintah dengan nilai kurang lebih Rp500 ribu per KPM.

Data yang akan digunakan dalam program ini mengacu dengan data milik KPM Kementerian Sosial.

“Dimana rencana sebanyak 680 ribu unit penanak nasi yang disalurkan ke masyarakat, yang KPM tadi, kelompok penerima manfaat. Tentunya acuannya ke data dari Kementerian Sosial,” ujarnya. Melansir suara.com.

Jika setiap KPM mendapatkan satu unit rice cooker dengan nilai bantuan mencapai Rp500 ribu itu berarti Kementerian ESDM menggelontorkan anggaran sebesar Rp340 miliar.

Edy pun menjelaskan tujuan dari program untuk mendukung pemanfaatan energi bersih, meningkatkan konsumsi listrik per kapita (e-cocking) dan penghematan biaya memasak bagi masyarakat.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *