banner 120x600 banner 120x600

Begini Cara Mengaktifkan Kembali KIS PBI BJPS Kesehatan yang Mati

Kartu Indonesia Sehat. (Dok: BPJS Kesehatan)
banner 120x600
banner 468x60

triggernetmedia.com – Menjadi peserta BPJS Kesehatan atau KIS merupakan hak bagi seluruh masyarakat. Untuk kalangan miskin, mereka akan digolongkan dalam KIS Penerima Bantuan Iuran atau PBI. Jika KIS PBI BPJS sempat mati, maka peserta bisa mengaktifkannya kembali dengan cara-cara berikut ini. Seperti dinukil dari laman suara.com.

1. Menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA) atau datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk mengetahui status Kepesertaan KIS PBI Jaminan Kesehatan.

2. Melakukan lapor diri ke Dinas Sosial setempat dengan membawa Kartu JKN-KIS, Kartu Keluarga, dan KTP-Elektronik.

3. Berdasarkan dokumen kependudukan, Dinas Sosial selanjutnya menerbitkan surat keterangan yang ditujukan kepada Kepala Cabang BPJS Kesehatan setempat untuk permohonan re-aktivasi status kepesertaan KIS PBI Jaminan Kesehatan dan membutuhkan layanan kesehatan.

4. Setelah dilakukan re-aktivasi, peserta dapat kembali ke fasilitas kesehatan pertama atau rumah sakit dan melaporkan bahwa kartu sudah aktif kembali.

5. Bagi peserta KIS PBI Jaminan Kesehatan yang telah dinonaktifkan lebih dari enam bulan lalu, silahkan membawa dokumen kependudukan dan mengajukan permohonan kepada Dinas Sosial setempat untuk diproses agar terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sesuai ketentuan PP Nomor 76/2015 dan Permensos Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengelolaan DTKS.

Baca juga  Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen Per Januari 2020

Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, maka peserta akan kembali mendapatkan nomor BPJS Kesehatan yang menandakan bahwa yang bersangkutan telah kembali menjadi peserta aktif. Untuk melakukan pengecekan nomor bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini.

Cek Nomor BPJS lewat SMS

Layanan SMS untuk cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK bisa dikirimkan lewat nomor 08777-5500-400. Format sms adalah dengan mengetik NIK (spasi) nomor induk kependudukan yang tertera di KTP. SMS Gateway ini bekerja dengan sistem berbayar sehingga pastikan ponsel terisi pulsa agar bisa melakukan layanan ini.

Cek Nomor BPJS lewat Laman bpjs-kesehatan.go.id

Untuk mengecek cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK bisa juga dilakukan dengan mengunjungi laman resmi BPJS Kesehatan. Ikuti langkah-langkah berikut dan pastikan jaringan internet yang aman.

1. Buka laman bpjs-kesehatan.go.id dan pilih menu Cek Iuran BPJS Kesehatan.

Baca juga  Fatal, Data 279 Juta Penduduk yang Bocor Bisa Dipakai pada Serangan Phising

2. Masukan nomor NIK dan tanggal lahir.

3. Sistem akan memunculkan informasi tentang identitas peserta yang terdiri dari nama dan nomor BPJS serta jumlah iuran yang harus dibayarkan.

Cek Nomor BPJS lewat Call Center

Apabila ingin cara yang langsung mendapatkan jawaban untuk mengetahui nomor BPJS Kesehatan, kamu bisa langsung menghubungi call center di nomor 1500 400. Utarakan maksud secara jelas kepada petugas penerima telepon, kemudian petugas yang akan mengakomodasi kebutuhan untuk memperoleh informasi mengenai nomor BPJS Kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.