banner 120x600 banner 120x600

Bupati Kapuas Hulu: Mina Padi Alternatif Cara Efektif Tingkatkan Produktivitas Pertanian Perikanan

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan melepas 6000 bibit ikan nila di lahan Mina padi, Desa Lubuk Antuk, Kecamatan Hulu Gurung, Kapuas Hulu pada Kamis sore (17/11/2022).
banner 120x600
banner 468x60

triggernetmedia.com – Belum lama ini Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan melepas 6000 bibit ikan Nila di lahan Mina Padi, Desa Lubuk Antuk, Kecamatan Hulu Gurung, Kapuas Hulu.

Disela kegiatannya ini, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyungkapkan, Mina Padi merupakan suatu bentuk usaha tani gabungan yang memanfaatkan genangan air sawah, yang sedang ditanami padi sebagai kolam untuk budidaya yang memaksimalkan hasil tanah sawah.

“Dengan demikian dapat meningkatkan efesiensi lahan, karena suatu lahan menjadi sarana untuk budidaya dua komunitas pertanian dan perikanan,” katanya Kamis sore (17/11/2022).

“Jadi ini sangat – sangat bagus karena bisa mengakomodasikan antara sawah dan perikanan, keduanya ini saling mendapatkan manfaat sehingga masyarakat yang mengelola ini sama mendapatkan manfaat yang bagus,” jelasnya lagi.

Baca juga  Bank-bank Asing di Uni Emirat Arab Kini Libur Sabtu - Minggu Bukan Lagi Jumat

Melalui Mina Padi, diharapkan produktivitas sawah semakin meningkat, yang dibarengi dengan peningkatan produksi ikan secara organik dan ramah lingkungan, baik dari padi yang dihasilkan maupun hasil panen dari ikan.

“Selain itu Mina Padi juga dapat dipercaya akan dapat mencegah dan menahan alih fungsi lahan,” ujar Bupati Sis.

“Mina Padi ini juga diharapkan dapat menyerap tenaga kerja yang bersifat padat karya,” timpalnya.

Bupati Sis menilai, Mina Padi merupakan cara efektif untuk sinergitas usaha pertanian dan perikanan, serta meningkatkan kesejahteraan dalam mewujudkan kedaulatan pangan.

“Kegiatan seperti ini adalah bagaimana kita melakukan upaya ketahanan pangan, bagaimana kita memberikan dukungan kepada masyarakat dalam melakukan ketahan pangan,” ujarnya.

Baca juga  Rahasia Cantik Natural Ala Chef Renatta

“Salah satunya di sektor perikanan dan pertanian, bagaimana pangan kita ini terus bisa tumbuh. Mudah-mudahan bibit ikan yang kita lepas pada hari ini terus berkembang biak dengan baik dengan hasil panen yang melimpah,” kata Bupati Sis memungkasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.