banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Pemkab Ketapang Jadikan Desa Pematang Gadung Pusat Agropolitan

Wakil Bupati Ketapang Farhan (tengah) bersama Forkopimda menekan sirine sebagai tanda launching kota agropolitan. Foto: Prokopim
banner 120x600

triggernetmedia.com – Pemerintah Kabupaten Ketapang resmi melaunching kota agropolitan di Desa Pematang Gadung, Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS). Launching dilakukan langsung Wakil Bupati Ketapang, H Farhan, Sabtu (06/08/2022) kemarin.

Wakil Bupati menyampaikan, selain di Desa Pematang Gadung, kota agropolitan mencakup Desa Negeri Baru, Mekar Sari, Sungai Jawi, Sungai Pelang, Sungai Besar, Pesaguan Kiri dan Sungai Bakau.

“Desa Pematang Gadung ini adalah Desa bagian dari sejumlah Desa yang ada di Kecamatan MHS dan Benua Kayong,” kata Farhan.

Nantinya, sambung Farhan, Pemkab bakal menata infrastruktur, termasuk sarana dan prasarana. Sehingga kota agropolitan menjadi sebuah kawasan yang berbasis pertanian.

“Kita nanti fokusnya pada pangan holtikultura, peternakan dan perikanan,” jelas dia.

Dia memastikan, pihaknya juga akan mengemas daerah tersebut agar dapat dijadikan kawasan wisata dan bisa menjadi icon baru Kabupaten Ketapang.

“Kita akan menjadikan desa ini menjadi kota agropolitan. Kita akan membangun gerbang selamat datang. Kemudian infrastruktur pendukung lainnya seperti jalan, tempat ibadah dan yang paling utama infrastruktur pertaniannya,” bebernya.

Oleh sebab itu, Farhan mendorong masyarakat agar tetap mempertahankan lahan pertanian. Paslanya ia menilai sejauh ini di Ketapang banyak terjadi alih fungsi lahan.

“Jadi launching kota agropolitan ini juga menjadi salah satu solusi dari pemerintah atas banyaknya alih fungsi lahan pertanian,” tutupnya.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *