banner 120x600 banner 120x600

Doa Puasa Syawal, Begini Bacaan, Arti dan Keutamaan Menurut Hadist

Ilustrasi puasa, doa puasa syawal (freepik)
banner 468x60

triggernetmedia.com – Bulan Syawal selain momen Hari Raya Idul Fitri, umat muslim disunahkan untuk melaksanakan ibadah puasa Syawal. Lalu bagaimana kah doa puasa Syawal yang benar?

Setidaknya puasa syawal dilakukan 6 hari setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri. Berikut ini niat dan doa puasa Syawal yang perlu diketahui.

Diketahui, puasa Syawal hukumnya sunah, yang mana jika dikerjakan akan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan juga tidak berdosa. Puasa syawal dianjurkan untuk umat muslim yang sedang tidak berhalangan (seperti sakit, haid, maupun nifas).

Niat dan Doa Puas Syawal

Adapun bacaan niat dan doa puasa Syawal yakni seperti berikut ini.

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnatis Syawwali lillahi ta‘ala

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Syawal esok hari karena Allah SWT.”

Jika niat puasa dilakukan saat pagi atau siang hari, bacaan niatnya berbeda. Adapun baca niat puasa sunah di bulan Syawal saat pagi hari atau siang hari yakni seperti berikut ini.

Baca juga  Hafiz/Gloria Kandas di Perempat Final Hylo German Open 2021

Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnatis Syawwali lillahi ta‘ala

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Syawal hari ini karena Allah SWT.”

Setelah menjalan puasa dari terbit fajar hingga matahari terbenam (maghrib), dianjurkan juga untuk membaca doa yang bisa Anda baca usai berbuka puasa Syawal. Diriwayatkan oleh Ibnu Majah, adapun bacaan doanya seperti berikut ini.

Allahumma inni as-aluka bi rahmatikal latii wasi’at kulla syain an taghfiralii-ed

Artinya: “Ya Allah, aku memohon rahmatmu yang meliputi segala sesuatu, yang dengannya engkau mengampuni aku.”

Perlu diketahui bahwa pahala dari puasa sunah Syawal enam hari setara dengan puasa setahun. Hal tersebut tercantum juga dalam Hadis Nabi SAW yang diriwayatkan oleh HR. Muslim.

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian ia ikuti dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka ia akan mendapat pahala seperti puasa setahun penuh.”

Baca juga  Sprint Race F1 GP Emilia Romagna 2022: Max Verstappen Menang, Berhak Raih Pole

Itulah bacaan niat dan doa puasa Syawal. Penting juga untuk diketahui bahwa puasa Syawal ini memiliki sejumlah manfaat. Adapun beberapa manfaatnya yaitu bahwa puasa syawal ini sebagai penyempurna Ibadah wajib. Puasa Syawal ini menyempurnakan kekurangan-kekurangan pada bulan Ramadan.

Setiap manusia tentunya tak luput dari salah dan dosa selama menjalakan puasa Ramadan, itulah mengapa dianjurkan untuk menjalankan puasa Syawal. Selain itu, puasa Syawal juga memiliki ganjaran 10 Kali Lipat bagi siapa saja yang menjalankannya. Hal tersebut juga tercantum dalam hadis yang diriwayatkan Abu Ayyub seperti berikut ini:

“Barangsiapa mengerjakan puasa enam hari bulan Syawal selepas Idul Fitri berarti ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Dan setiap kebaikan diganjar sepuluh kali lipat.”

Seperti itulah doa puasa Syawal yang perlu anda ketahui. Dinukil dari laman suara.com.

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.