banner 120x600 banner 120x600

Berikut Alasan Penghentian Siaran TV Analog Tahap I Diawali di 8 dari Target 166 Kabupaten/Kota

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong mengatakan ASO tahap I diawali di delapan kabupaten dan kota pada 30 April 2022. [Antara]
banner 468x60

triggernetmedia.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika akan mulai menggelar analog switch off atau ASO Tahap I mulai hari ini, 30 April 2022 di delapan dari target 166 kabupaten/kota yang ditetapkan sebelumnya.

Delapan daerah yang siaran tv analognya dimatikan lalu digantikan oleh tv digital itu adalah Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, dan Kabupaten Meranti di Riau; Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Belu, dan Kabupaten Malaka di Nusa Tenggara Timur; serta Kota Sorong dan Kabupaten Sorong di Papua Barat.

Sebelumnya Kominfo pada Jumat (29/4/2022) mengatakan bahwa ASO Tahap I masih akan berlangsung sesuai jadwal dan berlangsung di 56 wilayah siaran yang terdiri dari 166 Kabupaten/kota di 56 wilayah siaran.

“Delapan kabupaten kota sifatnya mengawali penghentian tetap siaran TV analog atau ASO. Setelah di delapan kabupaten kota itu, berangsur-angsur dilanjutkan ke seluruh 56 wilayah siaran ASO tahap I sampai menjelang ASO tahap II Agustus nanti,” jelas Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong dinukil dari laman suara.com.

Lebih lanjut Usman membeberkan bahwa gelar ASO Tahap I di delapan kabupaten dan kota di tahap awal itu berkaitan dengan distribusi set top box gratis untuk masyarakat miskin yang sudah rampung di daerah-daerah tersebut.

Baca juga  Liga Spanyol: Atletico Madrid Kokoh di Puncak, Menang 2-0 di Markas Villareal

Ia menjelaskan bahwa ada dua persyaratan infrastruktur bagi ASO, yakni infrastruktir multiplexing (Mux) dan STB untuk rakyat miskin. Pemerintah yang menyediakan sarana Mux seluruhnya. Artinya Mux sudah siap seratus persen.

Baca juga  Lebih Mudah, Belajar Online Sekarang Bisa Lewat Android TV

Sementara STB gratis, sebagian besarnya menjadi kewajiban lembaga penyiaran publik swasta dan TVRI sebagai lembaga penyiaran publik. Karena itu, kelancaran ASO sangat ditentukan oleh LPP dan LPS dalam menyediakan dan mendistribusikan STB gratis buat masyarakat miskin.

Sebelumnya dalam siaran pers Jumat kemarin, Menteri Kominfo Johnny G Plate mengatakan bahwa ASO Tahap I akan tetap berlangsung sesuai jadwal. Ia memastikan bahwa infrastruktur Mux untuk ASO Tahap I sudah rampung dibangun. Sedangkan untuk ASO tahap II dan III masih perlu dibangun 32 infrastruktur Mux lagi.

Adapun penghentian siaran tv analog atau ASO Tahap I akan digelar pada 30 April 2022 pada pukul 24.00.

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.