banner 120x600

Simak Bantuan Jokowi buat Lindungi Rakyat Imbas Invasi Rusia ke Ukraina, Ada BLT hingga Pupuk

Presiden Jokowi
banner 120x600

triggernetmedia.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan akan memberikan sejumlah bantuan bagi masyarakat. Bantuan ini diberikan akibat dampak invasi Rusia ke Ukraina yang memicu kenaikan harga atau inflasi di dunia.

Pengumuman ini disampaikan Presiden Jokowi di akun Twitter resminya. Menurutnya, konflik antara Rusia dan Ukraina cukup berpengaruh bagi Indonesia. Pasalnya, konflik itu memicu kenaikan harga pangan, energi, hinga inflansi.

Jokowi mengatakan, bantuan diberikan sebagai perlindungan sosial bagi masyarakat Tanah Air, agar tidak menanggung beban berat.

Situasi geopolitik di Rusia dan Ukraina berpengaruh ke Indonesia dalam bentuk kenaikan harga pangan, energi, serta kenaikan inflasi,” kata Jokowi seperti melansir suara.com, Rabu (6/4/2022).

Untuk itu, pemerintah perlu mempersiapkan berbagai perlindungan sosial agar rakyat tidak menanggung seluruh beban akibat kenaikan harga itu,” lanjutnya.

Jokowi lantas menyebutkan sejumlah bantuan yang akan diberikan ke masyarakat, mulai dari BLT sampai pupuk. Ia pun berharap agar seluruh bantuan itu tepat sasaran bagi masyarakat yang membutuhkan.

Di antaranya Kartu Sembako bagi 18,8 juta penerima, PKH dengan tambahan 2 juta penerima. BLT minyak goreng Rp300.000 untuk 3 bulan. Program BLT Dana Desa dilanjutkan. Ada juga Bantuan Subsidi Upah untuk  8,8 juta pekerja bergaji di bawah Rp3,5 juta, sebesar Rp1 juta per orang,” jelas Jokowi.

Pemerintah juga memperhatikan kenaikan harga pupuk. Untuk pupuk subsidi, pemerintah akan membatasinya pada pupuk urea dan NPK.  Saya berharap segenap bantuan dan subsidi tersebut dapat tepat sasaran,” sambungnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, diketahui bahwa daftar bantuan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo bagi rakyat atas imbas invasi Rusia ke Ukraina adalah sebagai berikut:

  1. Program Pengadaan Kartu Sembako bagi 18,8 Juta orang
  2. Program Program Keluarga Harapan (PKH) dengan tambahan 2 Juta penerima
  3. Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng hingga Rp 300.000 untuk 3 bulan
  4. Program Bantuan Langsung Tuna (BLT) Dana Desa dilanjutkan
  5. Program Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk 8,8 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 Juta sebesar 1 juta rupiah per orang
  6. Program Subsidi Pupuk yang berupa Pupuk Urea dan NPK (Notrogen Fosfor dan Kalium)

Demikian daftar bantuan Presiden Jokowi dan pemerintah lainnya untuk masyarakat berkaitan dengan adanya imbas invasi Rusia ke Ukraina. Kebijakan ini akan dilaksanakan pada bulan April 2022.

Pemerintah berharap bahwa subsidi ini dapat tepat sasaran. Tujuan adanya bantuan ini adalah untuk melindungi agar rakyat tidak menanggung seluruh beban akibat kenaikan harga barang dan jasa.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *