banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Daftar Nominasi Ballon d’Or 2021, 2 Kandidat dari Chelsea

Pemain Argentina Lionel Messi memegang trofi saat ia merayakan dengan rekan setimnya setelah memenangkan pertandingan final turnamen sepak bola Copa America Conmebol 2021 melawan Brasil di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, pada (10/7/2021)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Jagat sepak bola akan segera memasuki musim baru. Seperti musim-musim sebelumnya, pembicaraan mengenai siapa peraih Ballon dOr mulai mengemuka.

Perebutan Ballon dOr 2021 memasuki fase terakhir. Akan ada beberapa pemain yang memperebutkan penghargaan individu tertinggi di dunia sepak bola nantinya.

Dalam sejarahnya, Ballon d’Or pertama kali digagas oleh majalan France Football lewat penulisnya, Gabriel Hanot pada 1956 kala meminta rekan-rekannya memilih pemain terbaik di Eropa.

Kala itu, Hanot dan rekan-rekannya memilih Stanley Matthews dari Blackpool sebagai pemenang pertama Ballon d’Or.

Karena saat itu gelar ini hanya ditujukan untuk pemain Eropa yang bermain di Eropa saja, nama-nama seperti Pele dan Diego Maradona tak mendapatkan gelar tersebut.

Barulah pada 1995 dilakukan perubahan sehingga pemain non Eropa bisa memenangkannya. George Weah menjadi pemain dari luar benua biru yang pertama kali meraih Ballon d’Or.

Dalam perjalanannya, Ballon d’Or mengalami banyak perubahan, termasuk dalam sistem pemilihannya. Sebelum 2007, penghargaan ini dipilih oleh para wartawan.

Pada 2010, Ballon d’Or sempat melebur dengan penghargaan pemain terbaik dunia FIFA dan berubah nama menjadi FIFA Ballon d’Or.

Namun pada 2016, keduanya berpisah dan berdiri sehingga ada dua penghargaan terbaik yakni Pemain Terbaik FIFA dan Ballon d’Or.

Bagi masyarakat awam, Ballon d’Or lebih mentereng pamornya dan dianggap penghargaan yang mengesahkan pemain menjadi yang terbaik.

Pada edisi 2020 lalu, penghargaan ini ditiadakan karena pandemi. Di tahun 2021 ini, Ballon d’Or pun akan kembali diadakan.

Lantas, siapa saja pemain yang masuk nominasi peraih Ballon d’Or 2021 ini? Berikut daftarnya.

1. Jorginho

Jorginho mengangkat trofil Euro 2020. (ANDY RAIN / POOL / AFP)
Jorginho mengangkat trofil Euro 2020. (ANDY RAIN / POOL / AFP)

Dalam sebulan terakhir, pecinta sepak bola disibukkan dengan diskusi layak atau tidaknya Jorginho memenangi Ballon d’Or 2021.

Perdebatan ini lahir karena ia berhasil membawa Chelsea menjuarai Liga Champions dan menjadi pemain vital dalam keberhasilan Italia memenangi Euro 2020.

secara statistik, Jorginho benar-benar menjadi tulang punggung bagi klub dan negaranya dalam menjuarai dua ajang bergengsi tersebut.

Di Liga Champions 2020/21 dan Euro 2020, Jorginho memiliki statistik di atas rata-rata pemain yang berposisi sama dengannya.

Dengan masih berkesempatannya Chelsea menjuarai beberapa gelar prestisius seperti Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub, Jorginho menjadi pemain yang paling berpeluang meraih titel Ballon d’Or.

Tak ayal, pembicaraan mengenai pantas atau tidaknya Jorginho meraih Ballon d’Or menjadi perdebatan di kalangan pecinta sepak bola saat ini.

2.       Lionel Messi

Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi (tengah) mengangkat trofi juara Copa America 2021. [CARL DE SOUZA / AFP]
Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi (tengah) mengangkat trofi juara Copa America 2021. [CARL DE SOUZA / AFP]

Lionel Messi menjadi nama yang juga santer disebut akan meraih Ballon d’Or 2021 dan menambah koleksinya menjadi tujuh.

Peraih enam Ballon d’Or ini memang tampil apik sepanjang 2021 di mana ia mengakhiri musim 2020/21 lalu dengan status top skor LaLiga Spanyol dan meraih satu gelar Copa del Rey.

Kemudian, Messi melengkapinya dengan membawa Argentina menjuarai Copa America 2021 belum lama ini.

Dengan prestasi itu, ia pun disebut akan menjadi pesaing kuat Jorginho dan menambah pundi-pundi Ballon d’Or nya di akhir tahun.

3.       Robert Lewandowski

Striker Bayern Munich Robert Lewandowski berfoto dengan trofi sebagai top skor Liga Jerman usai mengalahkan FC Augsburg di pekan terakhir musim ini. Sven Hoppe / POOL / AFP
Striker Bayern Munich Robert Lewandowski berfoto dengan trofi sebagai top skor Liga Jerman usai mengalahkan FC Augsburg di pekan terakhir musim ini. Sven Hoppe / POOL / AFP

Andai 2020 lalu Ballon d’Or diselenggarakan, maka Robert Lewandowski akan menjadi pemenangnya.

Di 2021 ini, pria asal Polandia tersebut pun juga akan menantang Jorginho dan Messi untuk meraih status sebagai pemain terbaik di dunia.

Lewandowski tampil cemerlang di tahun 2021 ini dengan membawa Bayern Munchen menjuarai Bundesliga Jerman.

Prestasi itu ia lengkapi dengan status sebagai top skor. Tak tanggung-tanggung, status top skor itu ia dapat dengan memecahkan rekor 40 gol semusim Gerd Muller yang bertahan selama 49 tahun.

4.       N’Golo Kante

N'Golo Kante juara Liga Champions bersama Chelsea. (DAVID RAMOS / POOL / AFP)
N’Golo Kante juara Liga Champions bersama Chelsea. (DAVID RAMOS / POOL / AFP)

Chelsea tak hanya mengirim Jorginho dalam daftar ini. Duet Jorginho, N’Golo Kante pun masuk dalam nominasi peraih Ballon d’Or 2021.

Kante masuk dalam nominasi karena penampilannya di Liga Champions. Bersama Jorginho, ia membuat Chelsea mencetak rekor sebagai klub yang paling sedikit kebobolan sepanjang kompetisi tersebut dengan kemasukan empat gol.

Dalam perjalanan Chelsea menjuarai Liga Champions, Kante tercatat mendapat tiga gelar Man of the Match secara beruntun dari babak semifinal hingga final.

Sayangnya, Kesempatan Kante memenangi Ballon d’Or terbilang tipis karena ia gagal membawa Prancis menjuarai Euro 2020.

5.       Cristiano Ronaldo

Ekspresi striker Portugal, Cristiano Ronaldo usai membobol gawang Prancis lewat titik penalti di pertandingan terakhir grup F Euro 2020. (Foto: Bernadett SZABO/AFP)
Ekspresi striker Portugal, Cristiano Ronaldo usai membobol gawang Prancis lewat titik penalti di pertandingan terakhir grup F Euro 2020. (Foto: Bernadett SZABO/AFP)

Jika ada Messi di daftar ini, maka entah bagaimana akan ada Cristiano Ronaldo. Kedua rival abadi ini dalam satu dekade terakhir memang disibukkan dengan perebutan status pemain terbaik.

Cristiano Ronaldo masuk nominasi Ballon d’Or tahun ini karena catatan pribadinya yang mampu menjadi top skor Serie A 2020/21 dan Euro 2020.

Selain itu, ia menutup musim 2020/21 dengan satu gelar yakni Supercoppa Italia bersama Juventus.

Sayangnya, pencapaian Cristiano Ronaldo di tahun ini jauh dari kata apik secara individu ataupun tim. Maka jangan heran andai dirinya tak masuk daftar tiga teratas pemain terbaik dunia versi Ballon d’Or.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *