banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Alasan Memelihara Ikan Guppy, Khususnya Bagi Pemula

Ilustrasi Ikan Guppy.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Memilliki hewan peliharaan dipercaya mampu meningkatkan mood booster, termasuk memeliharan ikan guppy. Tak hanya itu saja, berikut beberapa alasan memillihara ikan guppy, khususnya bagi pemula.

Bicara soal ikan, untuk perawatannya memang gampang-gampang susah. Namun, untuk perawatan ikan guppy sendiri cenderung mudah. Oleh karena itu, ikan jenis ini bisa menjadi pilihan tepat bagi orang-orang yang ingin memelihara ikan namun masih awam soal perawatannya.

Selain perawatannya yang cenderung mudah, ada beberapa alasan lainnya kenapa direkomendasikan untuk memelihara ikan jenis ini. Nah, mari simak berikut ini alasan memelihara ikan guppy bagi para pemula.

1.       Memilliki Tampilan yang Cantik

Ikan Guppy ini memilliki tampilan yang cantik yang akan membantu membuat hari-harimu jauh lebih menyenangkan. Ikan jenis ini juga memiliki corak warna yang beragam dari tubuh hingga ekornya.

Spektrum warna ikan hias ini juga bermacam-macam. Ada ikan guppy yang warna merah terang, albino, hingga multi-warna dengan pola marmer.

Dilansir dari situs Treenhugger, tubuh ikan guppy jantan memiliki ukuran lebih kecil serta warna yang cenderung mencolok dibanding yang betina. Namun, yang betina mempunya warna ekor yang lebih bervariasi.

2.        Berukuran Kecil dan Murah

Ikan Guppy memiliki ukuran kecil sehingga tidak membutuhkan akuarium besar yang bisa memakan banyak ruangan. Pastikan untuk menyediakan air sekitar 3,5 liter dalam aquarium untuk  setiap ekor guppy agar tidak stress.

Selain ukurannya yang kecil, guppy juga dibandrol dengan harga yang cenderung murah, dan untuk mendapatkannya pun cenderung mudah. Kamu bisa membelinya di e-commerce atau toko ikan hias dengan harga di bawah Rp 10.000.

3.       Mudah Perawatannya

Guppy ini termasuk jenis ikan hias yang mudah perawatannya. Kamu cukup memastikan bahwa aquarium selalu dalam keadaan bersih dan tidak pernah telat memberikan makanan bernutrisi pada guppy, nyamuk misalnya.

Namun, perlu diperhatikan juga, ikan guppy ini rentan terhadap  sejumlah penyakit, salah satunya yaitu infeksi jamur. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu merawat guppy dengan baik agar terhindar dari berbagai penyakit.

4.       Mudah untuk Dikembangbiakkan

Alasan lainnya kenapa perlu memelihara ikan guppy yaitu ikan jenis ini mudah untuk dikembangbiakan. Diketahui, setiap bulannya guppy mampu beranak 30 hingga 40 ekor. Hanya saja, ikan ini kerap memakan anak-anaknya.

Maka dari itu, jika guppy mulai beranak, pastikan untuk memisahkan anak-anaknya ke tempat yang lebih aman agar tidak dimakan oleh induknya.

Demikianlah informasi mengenai alasan memelihara ikan guppy yang perlu kamu tahu, khususnya bagi para pemula. Semoga bermanfaat.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *