banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60

Prediksi Jerman vs Hungaria Grup F Euro 2020: Jerman Bisa Menang Asalkan Sabar

Trigger Netmedia - 23 Juni 2021
Prediksi Jerman vs Hungaria Grup F Euro 2020: Jerman Bisa Menang Asalkan Sabar
Kolase foto pelatih timnas Jerman Joachim Loew dan pelatih timnas Hungaria Marco Rossi (kanan), jelang laga Jerman vs Hungaria dalam pertandingan terakhir Grup F Euro 2020 di Munich, Kamis (24/6/2021) dini hari WIB - (Matthias SCHRADER, Bernadett SZABO / POOL / AFP)

triggernetmedia.com – Laga Jerman vs Hungaria akan jadi salah satu partai penutup fase penyisihan grup Piala Eropa 2020 khususnya dari Grup F Euro 2020. Pertandingan yang krusial bagi kedua tim, terutama Jerman yang baru mengumpulkan 3 poin, maupun bagi Hungaria yang masih berpeluang lolos jika mampu memberi kejutan dan menang.

Meskipun dalam banyak prediksi pertandingantimnas Jerman pada laga ini lebih diunggulkan bahkan diyakini bisa menang dengan selisih dua gol atau lebih, tapi peluang timnas Hungaria jelas tidak tertutup. Kubu Jerman sendiri pun menjelang laga tidak mau meremehkan Hungaria, serta mengungkapkan butuh kerja keras dan kesabaran dalam menghadapi lawannya kali ini.

“Pertandingan berikut (ini) akan lebih sulit (ketimbang lawan Portugal) jika Hungaria bertahan dengan 8 atau 9 orang dan mencoba menggunakan serangan balik. Mereka telah memperlihatkan betapa bisa berbahayanya mereka,” ungkap pelatih Jerman, Joachim Loew, sebagaimana dikutip UEFA.com beberapa hari menjelang laga.

“Saya berharap (tim) kami masih akan bermain dengan kecepatan, meski ruang gerak akan sempit; dan bahwa pada saat bersamaan kami akan dapat menemukan peluang di antara kondisi itu. Kami mungkin akan butuh bersabar,” sambungnya.

Hal senada pun diungkapkan oleh salah seorang pemain Jerman, Leon Goretzka, yang kali ini berpeluang dimainkan penuh sejak awal untuk mengisi ketiadaan Thomas Mueller yang cedera saat lawan Portugal. Dia juga berpendapat timnya akan butuh kesabaran dalam menghadapi Hungaria, di mana faktor mental menurutnya akan menentukan.

“Kemungkinan akan butuh usaha keras untuk bisa menembus pertahanan mereka (Hungaria),” ujar Goretzka, sebagaimana antara lain dikutip Xinhua.

Sebaliknya dari kubu Hungaria, posisi sebagai underdog atau kuda hitam justru akan membuat mereka lebih tenang dan tinggal memaksimalkan permainan. Pelatih timnas Hungaria, Marco Rossi, meski mengakui bahwa mereka sadar berada di level yang berbeda dengan Jerman, timnya juga punya tekad kuat untuk menang.

“Karena kami (kini) ada di turnamen ini, kami juga ingin bersaing. Kami ingin tampil bagus, namun juga tetap sembari menyadari posisi kami. Kami berharap dapat menghadirkan ‘level A’ permainan kami dalam pertandingan di Munich kali ini,” tutur Rossi kepada UEFA.com, mengisyaratkan bahwa meski mungkin akan memperkuat pertahanan, mereka juga akan coba menampilkan yang terbaik.

Pemain sekaligus kapten tim Hungaria, Adam Szalai, pada kesempatan berbeda menyebutkan bahwa meski tidak selevel dengan Jerman, kekuatan mereka memang adalah pada kekompakan tim. “Kekuatan terbesar (kami) ada di dalam tim ini sendiri, bahwa kami adalah tim yang sebenar-benarnya (kompak). Kami tidak memiliki bintang besar, (tapi) kekuatan kami ada di dalam tim ini, dalam persatuan kami,” ujarnya.

Salah satu sesi latihan yang dijalani para pemain timnas Hungaria di Stadion Allianz Arena di Munich, jelang laga Jerman vs Hungaria sebagai penutup pertandingan Grup F Euro 2020. [Christof STACHE / AFP]
Salah satu sesi latihan yang dijalani para pemain timnas Hungaria di Stadion Allianz Arena di Munich, jelang laga Jerman vs Hungaria sebagai penutup pertandingan Grup F Euro 2020. [Christof STACHE / AFP]

Kemungkinan tidak bermainnya Thomas Mueller dalam laga ini sendiri, bagi kubu Jerman sebenarnya bisa jadi masalah pelik atau beban tersendiri. Bukan dari segi teknis, karena pada dasarnya pemain lain yang siap mengisi kekosongannya juga tak kalah kuat, namun lebih pada keberadaan figurnya. Mueller diketahui adalah salah satu senior di timnya, yang kali ini kembali dipanggil memperkuat timnas Jerman di mana fans menaruh harapan banyak padanya.

Selain Leon Goretzka, Joachim Loew sebenarnya masih punya beberapa opsi lain khususnya untuk mengisi lini tengah. Salah satunya adalah dengan memainkan Ilkay Gundogan. Atau bisa juga dengan memainkan bersamaan baik Goretzka maupun Gundogan, dan memilih tidak menurunkan dulu Leroy Sane misalnya. Namun kemungkinan terakhir ini dirasa akan dijauhi Loew, terutama mengingat Sane justru akan bermanfaat untuk menarik lebar pertahanan Hungaria yang jelas akan super ketat.

Tinggal kombinasi apik dari lini tengah ke depan, dengan dibantu variasi serangan sayap, lalu kematangan Serge Gnabry di ujung tombak khususnya dalam mengonversi peluang, maka keunggulan akan bisa segera didapat Die Mannschaft –julukan timnas Jerman. Tentu saja, lagi-lagi dengan syarat, bakal butuh kesabaran dalam membuka pertahanan Hungaria. Sebaliknya, lini belakang pun musti konsisten dan tidak blunder, demi terhindar dari gol kejutan yang tentu akan menyesakkan.

Akan halnya Hungaria, mereka sebagaimana yang telah diisyaratkan pelatih maupun pemainnya, diyakini akan bermain kompak, rapat, disiplin dalam menjaga setiap lini dan menutupi celah satu sama lain. Ditambah modal suasana mental yang harusnya tidak seberat yang akan dirasakan timnas Jerman, sesekali mungkin mereka akan bisa mencuri kesempatan memanfatkan serangan balik yang oleh Joachim Loew sudah diwanti-wanti bisa “berbahaya”.

Akankah Jerman menang dan maju ke babak 16 Besar dengan meyakinkan, plus perasaan yang lebih lega setelah pertandingan pertama yang menyesakkan namun sudah berusaha mereka lupakan? Bukan cuma menang-kalah bagi mereka, namun Jerman juga punya peluang lolos sebagai juara Grup F Euro 2020 dengan hasil positif, seandainya di laga lain Portugal vs Prancis berujung kekalahan bagi Antoine Griezmann dan kawan-kawan.

Data Pertandingan Jerman vs Hungaria di Grup F Euro 2020

  • Venue: Stadion Allianz Arena, Munich
  • Wasit: Sergei Karasev (Rusia)
  • Waktu Kick-off: 02.00 WIB (Kamis 24 Juni)
  • Siaran Langsung: MNC dan Mola TV

Kondisi Tim

Jerman
Kondisi kubu Jerman adalah yang dalam posisi kurang maksimal sejauh ini. Selain Lucas Klostermann yang masih cedera dan belum ikut berlatih bersama, per Rabu (23/6) pagi WIB, yang akan berpengaruh banyak adalah pemain kunci Thomas Mueller yang masih diragukan bisa tampil akibat cedera lututnya saat lawan Portugal. Sementara Mats Hummels dan Ilkay Gundogan yang juga sempat cedera dilaporkan sudah mulai fit dan bergabung di latihan. Tiga pemain yang terkena kartu kuning yaitu Matthias Ginter, Kai Havertz dan Joshua Kimmich, akan absen di laga selanjutnya jika kali ini dapat kartu lagi.

Salah satu sesi latihan timnas Jerman di Stadion Adi Dassler di Herzogenaurach, jelang laga Jerman vs Hungaria sebagai penutup pertandingan Grup F Euro 2020. [Christof STACHE / AFP]
Salah satu sesi latihan timnas Jerman di Stadion Adi Dassler di Herzogenaurach, jelang laga Jerman vs Hungaria sebagai penutup pertandingan Grup F Euro 2020. [Christof STACHE / AFP]

Hungaria
Dari kubu Hungaria, pelatih Marco Rossi tampaknya tidak ada masalah dengan kesiapan fisik maupun kebugaran para pemainnya. Adam Szalai dan kawan-kawan siap diturunkan maksimal seperti sebelumnya dalam formasi terbaik. Mereka hanya akan perlu fokus pada faktor mental dan menjaga kekompakan. Sedangkan dalam hal indisipliner, sama seperti Jerman, mereka juga punya tiga pemain yang jika kali ini diganjar kartu bakal absen di laga selanjutnya apabila melaju, yaitu Willi Orban, Loic Nego dan Endre Botka.

Head to Head Jerman vs Hungaria (5 Duel Terakhir)

  • 04 Jun 2016: Jerman vs Hungaria 2-0 (Persahabatan)
  • 29 Mei 2010: Hungaria vs Jerman 0-3 (Persahabatan)
  • 06 Jun 2004: Jerman vs Hungaria 0-2 (Persahabatan)
  • 15 Agt 2001: Hungaria vs Jerman 2-5 (Persahabatan)
  • 12 Okt 1994: Hungaria vs Jerman 0-0 (Persahabatan)

Hasil 5 Pertandingan Terakhir

Jerman

  • 19 Jun 2021: Portugal 2-4 Jerman (M)
  • 16 Jun 2021: Prancis 1-0 Jerman (K)
  • 08 Jun 2021: Jerman 7-1 Latvia (M)
  • 03 Jun 2021: Jerman 1-1 Denmark (S)
  • 01 Apr 2021: Jerman 1-2 Makedonia Utara (K)

Hungaria

  • 19 Jun 2021: Hungaria 1-1 Prancis (S)
  • 15 Jun 2021: Hungaria 0-3 Portugal (K)
  • 09 Jun 2021: Hungaria 0-0 Irlandia (S)
  • 05 Jun 2021: Hungaria 1-0 Siprus (M)
  • 01 Apr 2021: Andora 1-4 Hungaria (M)

Perkiraan Susunan Pemain Jerman vs Hungaria di Grup F Euro 2020

Jerman (3-4-3): 1-Manuel Neuer (kapten); 4-Matthias Ginter, 5-Mats Hummels, 2-Antonio Rudiger; 6-Joshua Kimmich, 18-Leon Goretzka, 8-Toni Kroos, 20-Robin Gosens; 19-Leroy Sane, 10-Serge Gnabry, 7-Kai Havertz.
Pelatih: Joachim Loew

Hungaria (3-5-2): 1-Peter Gulacsi; 21-Endre Botka, 6-Willi Orban, 4-Attila Szalai; 7-Loic Nego, 15-Laszlo Kleinheisler, 8-Adam Nagy, 13-Andras Schafer, 5-Attila Fiola; 9-Adam Szalai (kapten), 20-Roland Sallai.
Pelatih: Marco Rossi

 

Sumber : Suara.com

Tinggalkan Komentar

Terkini

Pfizer Klaim Vaksin Dosis Ketiga Tingkatkan Antibodi terhadap Varian Delta Covid-19

Pfizer Klaim Vaksin Dosis Ketiga Tingkatkan Antibodi terhadap Varian Delta Covid-19

Analisis   Headline   Internasional   News   Pelayanan Puplik   Sorotan
Jokowi Minta Pengusaha Tiru Pembangunan Rumah Oksigen

Jokowi Minta Pengusaha Tiru Pembangunan Rumah Oksigen

Bisnis   Headline   Kesehatan   Nasional   News   Pelayanan Puplik   Sorotan   Sospolhukam
Pemerintah Fokus Pada Penanganan COVID-19, Revisi PP 109 Bukan Prioritas

Pemerintah Fokus Pada Penanganan COVID-19, Revisi PP 109 Bukan Prioritas

Headline   Kesehatan   Nasional   News   Pelayanan Puplik   Sorotan   Sospolhukam
Turunkan Angka Penularan dan Kematian, Pemerintah Terus Perkuat Testing dan Tracing

Turunkan Angka Penularan dan Kematian, Pemerintah Terus Perkuat Testing dan Tracing

Headline   Kesehatan   Nasional   News   Pelayanan Puplik   Sorotan
Tentara Israel Tembak Mati Bocah Palestina di Tepi Barat

Tentara Israel Tembak Mati Bocah Palestina di Tepi Barat

Headline   Internasional   News   Sorotan   Sospolhukam
Kebakaran Hutan di Turki, Warga Perumahan Dievakuasi

Kebakaran Hutan di Turki, Warga Perumahan Dievakuasi

Headline   Internasional   News   Sorotan   Sospolhukam
Curigai Tuntutan Rendah Juliari, ICW Sebut KPK Gagal Bela Korban Bansos Covid-19

Curigai Tuntutan Rendah Juliari, ICW Sebut KPK Gagal Bela Korban Bansos Covid-19

Headline   Nasional   News   Sorotan   Sospolhukam
Dalih KPK Tuntut Eks Mensos Juliari 11 Tahun Bui, Jubir: Berdasar Hasil Fakta Penyidikan

Dalih KPK Tuntut Eks Mensos Juliari 11 Tahun Bui, Jubir: Berdasar Hasil Fakta Penyidikan

Headline   Nasional   News   Sorotan   Sospolhukam
Dinilai Lari dari Agenda, Pemerintah Diminta Prioritaskan Nakes Ketimbang Influencer

Dinilai Lari dari Agenda, Pemerintah Diminta Prioritaskan Nakes Ketimbang Influencer

Headline   Kesehatan   Nasional   News   Pelayanan Puplik   Sorotan   Sospolhukam
Jokowi Minta Peringatan BMKG Harus Jadi Rujukan Pengambilan Keputusan Pemerintah

Jokowi Minta Peringatan BMKG Harus Jadi Rujukan Pengambilan Keputusan Pemerintah

Headline   Maritim   Nasional   News   Pelayanan Puplik   Sorotan

SITE LOCATION REKLAME

Streaming triggernetmedia.com