banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Gerakan Cinta Zakat, Pemprov Kalbar Dorong Baznas Berinovasi

Gubernur Kalbar, Sutarmidji Tunaikan Zakat Lewat Baznas Kalbar. Rabu (28/4/2021)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, menunaikan Zakat Mal melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalbar, Rabu (28/4/2021).

Zakat Mal orang nomor satu di Kalbar ini disampaikan langsung kepada Ketua Baznas Provinsi Kalbar, Ustaz Uray M. Amin, di Ruang Praja I Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (28/4/2021).

“Saya berharap, Baznas bisa membuat program-program menarik untuk masyarakat, terutama umat muslim, guna membayar zakat mereka. Baznas sebagai badan pengelola dan menyalurkan zakat seharusnya ada inovasi,” tutur Sutarmidji.

“Dengan adanya program dan inovasi menarik dari Baznas, masyarakat dan wajib zakat (Muzakki) akan mudah mengumpulkan dan menyalurkan zakat kepada yang membutuhkan. Kita buat program dan inovasi menarik dulu, baru kita tawarkan pembiayaan zakat kepada masyarakat dan wajib zakat,” ujar Sutarmidji menambahkan.

Dikatakannya, untuk jumlah penerimaan dan penyaluran zakat harus transparansi agar masyarakat dan umat muslim, serta wajib zakat yang telah menyalurkan zakat mereka mengetahui dari penyalurannya yang dikelolah oleh Baznas Provinsi Kalbar.

“Setiap penyaluran zakat harus transparansi, umumkan di media, biar yang membayar zakat mengetahui penyaluran zakat mereka,” katanya memberi saran kepada Baznas Prov. Kalbar.

Selain membayar zakat Mal, Gubernur Kalbar H. Sutarmidji meresmikan program Gerakan Cinta Zakat yang dihadiri oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Ridwansyah, dan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalbar, Hary Agung Tjahyadi.

 

Imbau Masyarakat Muslim untuk Tunaikan Zakat

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan, mengajak masyarakat Muslim Kalimantan Barat untuk menunaikan Rukun Islam membayar Zakat.

“Saya imbau masyarakat muslim Kalimantan Barat untuk dapat menyampaikan zakat, baik zakat fitrah, zakat mal, melalui Baznas Provinsi, Baznas Kabupaten/Kota, dan juga unit pengumpulan zakat (UPZ) yang ada di masjid-masjid, supaya terkoordinir dengan baik,” kata Norsan.

Norsan menyebut, kewajiban orang muslim adalah mengeluarkan zakat mal, sesuai harta yang dimiliki, yaitu 2,5 persen dari harta bergerak yang dimiliki.

“Kalau seandainya kamu tidak mau menginfakkan sebagian rejekimu di jalan Allah, maka jangan sampai kita ini di cap oleh Allah SWT sebagai orang yang zhalim,” ujar H. Ria Norsan.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan, mengajak masyarakat dan ASN muslim Kalimantan Barat untuk menunaikan Rukun Islam membayar Zakat.

Norsan juga mengingatkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mendapat hasil dari gajinya untuk menginfakkan 2,5 persen dari hasil gaji tersebut.

“Karena di situ ada keberkahan. Misal gaji kita Rp2 juta, kan tidak banyak. Dikali 2,5 persen, baru Rp50 ribu. Jadi yang bisa kita bawa pulang itu Rp1,95 juta. Insyaallah itu sudah ada keberkahan di situ. Kita kasih makan untuk anak istri kita ada keberkahan, anak kita nanti jadi orang yang sukses,” katanya.

Ketua Baznas Provinsi Kalimantan Barat, Uray Muhammad Amin, mengatakan sudah sepakat untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa di perguruan tinggi dari Baznas Provinsi. Sementara, Baznas Kabupaten/Kota memberikan beasiswa untuk siswa SD, SMP, dan SMA.

“Kami juga ada bujet itu dan kami distribusikan, istilahnya uang perimbangan,” jelasnya.

Untuk kriteria yang mendapat bantuan, yaitu orang yang berutang tergantung dari interview dan angkanya juga tidak besar.

“Biasa paling tinggi di angka Rp. 3 juta dan ini memang betul-betul untuk keperluan nafkah, yaitu utang karena kebutuhan nafkah,” tutup Amin. (*)

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *