banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Malam Nisfu Syaban Jatuh pada Minggu 28 Maret 2021, Ini Keistimewaannya

Ilustrasi ibadah di malam Nisfu Syaban.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Tak terasa bulan Syaban sudah mendekati pertengahan bulan. Itu artinya setiap umat Islam dianjurkan untuk melakukan ibadah di malam Nisfu Syaban.

Lantas kapankah malam Nisfu Syaban? Malam Nisfu Syaban akan jatuh pada Minggu (28/3/2021) atau minggu malam Senin.

Malam Nisfu Syaban diyakini banyak memiliki keistimewaan dibandingkan dengan malam-malam yang lain.

Berikut keutamaan malam Nisfu Syaban:

1. Dikabulkannya Segala Permintaan oleh Allah

Barang siapa yang memanjatkan doa kepada Allah SWT pada bulan Syaban, maka Allah akan dengar dan Allah akan jawab dengan mengabulkan doa-doanya.

2. Diampuninya Dosa

Malam Nisfu Syaban juga disebut sebagai malam maghfirah atau malam pengampunan. Karena pada malam tersebut Allah memberikan pengampunan kepada seluruh penduduk bumi.

Terutama bagi hambanya yang beriman dan beramal saleh. Namun Allah tidak memberikan ampunan bagi siapapun yang menyekutukannya.

3. Mengikuti Amalan Rasulullah

Setiap amalan yang dilakukan oleh Rasulullah memiliki ganjaran yang baik. Apalagi jika menjalankan salah satu amalan Rasulullah pada bulan Syaban, maka akan berlipat ganda ganjaran yang akan didapatkan.

Amalan Malam Nisfu Syaban

Karena malam Nisfu Syaban dipercaya sebagai malam yang memiliki banyak manfaat, maka seluruh muslim saling berlomba untuk mendapatkan ridha dan ampunan dari Allah SWT.

Berikut sederet amalan malam Nisfu Syaban yang dapat dilakukan:

  • Puasa pada hari ke-15
  • Memperbanyak dzikir
  • Memperbanyak doa mohon ampunan dan lapang rezeki
  • Berdoa untuk keselamatan dunia dan akhirat
  • Membaca surat yasin di tengah doa-doa yang dipanjatkan

Doa Nisfu Syaban

Allahumma ya dzal manni wa la yumannu ‘alaik, ya dzal jalali wal ikram, ya dzat thawli wal in‘am, la ilaha illa anta zhahral lajin wa jaral mustajirin wa ma’manal kha’ifin.

Allahumma in kunta katabtani ‘indaka fî ummil kitabi syaqiyyan aw mahraman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullahumma fî ummil kitabi syaqawatî wa hirmani waqtitara rizqi, waktubni ‘indaka sa‘idan marzuqan muwaffaqan lil khairat.

Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fi kitabikal munzal ‘ala lisani nabiyyikal mursal, “yamhullahu ma yasya’u wa yutsbitu, wa ‘indahu ummul kitab” wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammad wa ala alihi wa shahbihi wa sallama, walhamdu lillahi rabbil ‘alamin.

Artinya:

“Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut.

Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku. Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata–sementara perkataan-Mu adalah benar–di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, ‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki. Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’ Semoga Allah memberikan shalawat kepada Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah SWT.”

Itulah penjelasan terkait keistimewaan malam Nisfu Syaban yang akan jatuh pada 28 Maret 2021 besok. Semoga bermanfaat.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *