banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Cara Memperpanjang Umur Simpan Bahan Makanan, Sayur Hingga Buah

Trik memperpanjang umur simpan bahan makanan - ilustrasi sayur dan buah
banner 120x600

triggernetmedia.com – Bahan makanan yang enak untuk dimakan ialah bahan makanan yang masih segar. Agar bisa mempertahankan kesegaran itu, kita pasti akan menggunakan kulkas. Agar bahan makanan tetap awet, ada cara memperpanjang umur simpan bahan makanan yang perlu Anda ketahui.

Berikut adalah trik memperpanjang umur simpan bahan makanan yang dapat Anda pertimbangkan untuk diterapkan di rumah.

1. Menyimpan Sayur

Agar sayur tetap segar, ada trik yang perlu diterapkan untuk memastikan sayur masih dalam keadaan baik selama tiga hari ke depan. Sayuran seperti selada, bayam, dan paprika sebaiknya dicuci dulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Bersihkan dengan air mengalir kemudian keringkan dengan dulu secara alami. Ingat untuk membuang bagian daun yang menguning atau cacat, itu tanda daun bagian itu akan mudah membusuk. Kalau itu tidak diperhatikan, akibatnya bisa mencemari sayuran lain yang masih segar.

Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, pastikan ngemas sayuran ke dalam kontainer khusus makanan lebih dulu setelah itu diletakkan dengan rapi di dalam kulkas.

2. Buah-Buahan

Ilustrasi Buah Vitamin C (Pexels)

Buah seperti apel harus diperlakukan secara khusus. Beberapa buah menghasilkan lapisan lilin. Lapisan itu sebetulnya berfungsi untuk mencegah oksigen masuk ke dalam daging buah dan mencegah pembusukan dini.

Sebaiknya jangan cuci buah sebelum dimasukkan ke kulkas. Cucilah ketika Anda akan mengonsumsinya. Dengan demikian Anda mempertahankan lapisan lilin pada buah sehingga buah tidak mudah membusuk nantinya.

3. Wortel

Bahan makanan ini paling enak digunakan untuk campuran makan mie, atau digunakan sebagai bahan pengisi tahu dan bakwan. Supaya bisa menjaganya tetap segar, sebelum dimasukkan kulkas harus diperlakukan sebagai berikut:

  • Potong tangkau wortel (jika ada)
  • Bersihkan wortel dari akar-akar ( bila ada )
  • Cuci wortel
  • Masukkan ke dalam kotak sayuran dengan rapi kemudian masukkan ke dalam kulkas.

4. Jahe

Jahe merupakan bahan makanan yang gampang membusuk dan bertunas. Ada cara khusus untuk menjaga kesegaran dan membuatnya awet di kulkas. Jangan cuci jahe ketika mau disimpan di dalam kulkas. Iris jahe tanpa perlu membersihkan kulitnya.

Bungkus irisan jahe dengan aluminium foil, lipat rapat agar kadar airnya tak keluar. Kemudian masukkan ke dalam kotak sayur dan simpan di kulkas.

Kalau tidak punya aluminium foil, masukkan saja jahe ke dalam kotak penyimpanan tanpa dipotong lebih dahulu, yang terpenting adalah sudah bersih dari tanah.

5. Bawang Merah

Bila mau menyimpan bawang merah ke dalam kulkas, sebaiknya kupas dulu bawang merah Anda baru kemudian dimasukkan ke dalam kotak sayuran dan masukkan ke dalam kulkas.

Kalau tidak ingin menyimpannya dalam kulkas, yang harus Anda lakukan sangat sederhana, yakni simpan bawang merah di wadah terbuka. Hal yang sama juga berlaku untuk bawang putih.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *