banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Songsong Nisfu Syaban 2021

Ilustrasi Kapan Nisfu Syaban 2021 tiba
banner 120x600

triggernetmedia.com – Kapan Nisfu Syaban 2021 terjadi? Untuk mengetahuinya, simak dan pahami terlebih dahulu penjelasan singkat mengenai Nisfu Syaban berikut ini.

Pengertian Bulan Syaban

Bulan Syaban merupakan 1 dari 12 bulan dalam kalender Islam. Tepatnya berlangsung pada urutan bulan kedelapan di antara bulan Rajab dan bulan Ramadan. Berdasarkan catatan sejarah di dalam Al Quran, terdapat beberapa peristiwa penting dalam bulan Syaban.

Mulai dari perpindahan arah kiblat umat Islam dari Masjidil Aqsha menuju Masjidil Haram atau Ka’bah (QS. Al Baqarah: 144). Kemudian turunnya ayat Al Quran yang menganjurkan untuk membaca shalawat pada Nabi Muhammad SAW (QS. Al Ahzab: 56). Dan yang paling utama, menurut sabda Nabi, diangkatnya catatan amal manusia terjadi setiap bulan Syaban.

Kapan Nisfu Syaban 2021

Nisfu artinya pertengahan. Sehingga Nisfu Syaban berarti pertengahan bulan Syaban. Nisfu Syaban juga dikenal sebagai Laylatul Bara’ah atau Laylatun Nisfe min Sha’ban.

Peringatan malam Nisfu Syaban berlangsung setiap malam tanggal 15 Syaban. Dalam kalender masehi, Nisfu Syaban terjadi pada 28-29 Maret 2021 mendatang.

Malam Nisfu Syaban ini memiliki kekhususan sendiri dibanding malam-malam lainnya di bulan Syaban. Alangkah setiap umat Islam menghidupkan malam Nisfu Syaban dengan memperbanyak ibadah dan amalan baik pada malam ini.

Umat Islam sangat dianjurkan mengerjakan amal sholeh dan ibadah sebanyak-banyaknya. Mulai dari berdoa, berzikir, bersholawat, dan mengerjakan sholat sunnah di sepertiga malam yang akhir atau qiyamul lail.

Waktu Pengampunan Dosa

Tidak ada seseorang pun manusia yang luput dari dosa dan kesalahan. Banyak perbuatan dosa yang dikerjakan tanpa disadari atau tidak setiap harinya.

Meskipun manusia berdosa, Allah SWT senantiasa membuka pintu pengampunan kepada seluruh hamba-Nya selama tidak mengerjakan perbuatan syirik.

Karena demikian, meminta ampunan dengan bertaubat dan membaca istighfar sangat dianjurkan terlebih saat malam Nisfu Syaban.

Pada bulan Syaban pula dosa-dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan.

Demikian penjelasan mengenai bulan Syaban dan kapan malam Nisfu Syaban 2021 berlangsung. Perbanyak ibadah dan amal kebaikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

 

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *