Monitorting Banjir, Bupati Landak: Evakuasi dan Prioritas Keselamatan Warga dengan Rapid Antigen

Trigger Netmedia - 16 Januari 2021
Monitorting Banjir, Bupati Landak: Evakuasi dan Prioritas Keselamatan Warga dengan Rapid Antigen
Bupati Landak, Karolin Margret Natasa secara intensif melakukan monitoring evakuasi korban banjir bersama BPBD dan pihak terkait di Ngabang, Sabtu (16/1/2021). - (Trigger Netmedia)

triggernetmedia.com – Mencermati kondisi banjir diwilayah Kabupaten Landak yang memprihatinkan, Bupati Landak Karolin Margret Natasa terus mengimbau masyarakat untuk tetap waspada.

Hal ini disampaikannya usai mengevakuasi warga yang terdampak banjir di posko pengungsian yang terletak di Kantor Camat Ngabang. Saat melakukan evakuasi warga.

Selain itu, Bupati Karolin juga memberikan arahan kepada tim penanganan banjir untuk tetap melaksanakan rapid antigen bagi pengungsi yang dievakuasi.

“Prioritas kita yakni keselamatan warga. Oleh sebab itu, kita mewajibkan rapid antigen bagi warga yang mengungsi di posko dengan tujuan meminimalisir terjadinya penularan virus corona. Puji tuhan semua pengungsi aman semua setelah di rapid antigen,” ucap karolin, Sabtu (16/1/2021).

Untuk menindaklanjuti lebih lanjut terhadap perkembangan banjir ini, sambung Karolin, pihaknya mengadakan rapat koordinasi bencana di posko banjir kantor Camat Ngabang. Dirinya menyebut berdasarkan prakiraan cuaca oleh BMKG dilaporkan untuk wilayah Kabupaten Landak masih akan diguyur hujan, dan warga diminta untuk tetap waspada.

“Prakiraan cuaca BMKG memperkirakan hari ini akan turun hujan di wilayah Kabupaten Landak. Menindaklanjuti informasi ini saya meminta masyarakat untuk tetap waspada. Bagi masyarakat yang kondisi rumah sudah tergenang banjir cukup tinggi diminta untuk mengungsi, kita juga saat ini mempersiapkan lokasi pengungsian cadangan di bangunan eks Kantor Bupati Landak. Kita sangat prihatin dengan musibah banjir yang melanda wilayah kita hingga saat ini akibat kondisi cuaca yg ekstrim, mari saling menguatkan dan bergotong royong dalam menghadapi musibah ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Karolin berpesan kepada warga yang memerlukan evakuasi untuk segera menghubungi aparat desa, supaya dikoordinasikan dengan BPBD yang siap ke lapangan untuk mengevakuasi warga terjebak banjir.

“Jika ada masyarakat yang memerlukan evakuasi dari rumah tinggalnya dapat menghubungi aparat desa agar bisa dikoordinasikan dengan BPBD yang siap ke lapangan untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir. Mari kita bergotong royong dan saling menolong dalam menghadapi musibah ini. Dan saya mengajak seluruh elemen masyarakat berdoa agar cuaca segera membaik dan kita dijauhkan dari bencana yang lebih parah, semoga Tuhan menjaga dan melindungi kita semua,” ucapnya.

 

Berdasarkan laporan tim BPBD dilapangan, hari ini Sabtu (16/1/2021) kegiatan pemantauan banjir untuk wilayah Landak yang mengalami banjir yakni :

– Kecamatan Air besar sudah mulai surut, namun info saat ini masih hujan lebat.
– Kecamatan Kuala Behe permukaan air masih naik dan bertahan sehingga ada evakuasi warga yg terdampak banjir oleh team BPBD, juga penyaluran logistik ke mahasiswa yang sedang melakukan magang yang terjebak di Dusun Kreasi, Desa Nyawan sebanyak 27 mahasiswa.
– Kecamatan Ngabang kondisi air semakin tinggi juga dilakukan evakuasi dari desa Hilir Tengah dan desa Raja.

 

Dek I Ariz

Tinggalkan Komentar

SITE LOCATION REKLAME

Streaming triggernetmedia.com