banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60

Menkes Ajak Masyarakat Vaksinasi Covid-19 Agar Herd Immunity Terbentuk

Trigger Netmedia - 13 Januari 2021
Menkes Ajak Masyarakat Vaksinasi Covid-19 Agar Herd Immunity Terbentuk
Menkes Budi Gunadi Sadikin. - (tangkapan layar/ist)

triggernetmedia.com – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin termasuk kelompok pertama yang mendapatkan vaksin Covid-19 bersamaan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sebelum diimunisasi, Menkes Budi kembali mengingatkan bahwa vaksin alat pelindung diri dari infeksi Covid-19.

 

“Atas izin bapak presiden, kita memulai program vaksin nasional. Pesan saya hanya satu kepada teman-teman saya, rakyat Indonesia bahwa vaksin ini adalah alat yang bisa dipakai untuk melindungi diri kita. Tapi yang lebih penting vaksin ini juga digunakan untuk melindungi keluarga, melindungi tetangga, melindungi rakyat Indonesia dan melindungi peradaban manusia dunia,” ucap Budi dalam sambutannya di Istana Kepresidenan, Rabu (13/1/2021).

Ia menambahkan, vaksin berfungsi untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok dengan syarat 70 persen penduduk mendapatkan penyuntikan. Oleh sebab itu, Menkes Budi mengingatkan bahwa partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk mencapai herd immunity tersebut.

 

“Partisipasi masyarakat sangat menentukan keberhasilan program ini. Semoga teman-teman saya, rakyat Indonesia bisa memulai program vaksinasi, mendukung program vaksinasi ini untuk membangun Indonesia lebih sehat dan bebas Covid-19,” tuturnya.

Berdasarkan informasi yang diterima Suara.com, ada tiga kelompok yang akan menjadi penerima perdana vaksin Covid-19 buatan Sinovac, dengan pelaksanaan penyuntikan dibagi menjadi tiga hari.

Penyuntikan pada 13 Januari 2021, Presiden Joko Widodo beserta sejumlah pejabat publik seperti Menteri Kesehatan dan Menteri BUMN akan menerima suntikan. Setelah itu, ada perwakilan dari organisasi kesehatan, pengurus asosiasi profesi, hingga tokoh agama yang juga akan disuntik.

 

Kelompok 1 (pejabat publik): Presiden Jokowi, Menkes, Menteri BUMN, Menlu, Mendiknas [Mendikbud], Panglima TNI, Kapolri, Ketua Satgas Covid-19, Kepala BPOM.

Kelompok 2 (pengurus asosiasi profesi dan key opinion leader di bidang kesehatan): Ketua IDI Daeng M Faqih, Ketua PPNI Harif Fadilah, Ketua PP IBI Emi Nurjasmi, ahli vaksin milenial Dirgayuza Rambe, Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center Agus Syamsudin, Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 M. Makky Zamzam, Najwa Shihab, Dokter Tirta, Bunga Citra Lestari, Raffi Ahmad.

 

Kelompok 3 (tokoh agama): Ketua PBNU Marsyudi Syuhud, perwakilan Muhammadiyah, Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, Ustaz Das’ad Latif, perwakilan organisasi Kristen, Katolik, Hindu, Buddha

Sementara itu penyuntikan di tingkat daerah baru akan dilakukan besok, 14 Januari 2021 dan 15 Januari 2021.

 

Sumber : Suara.com

Tinggalkan Komentar

SITE LOCATION REKLAME

Streaming triggernetmedia.com