banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60

B2W Apresiasi Pemkot Wujudkan Pontianak Ramah Sepeda

Trigger Netmedia - 11 Januari 2021
B2W Apresiasi Pemkot Wujudkan Pontianak Ramah Sepeda
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menerima kunjungan di ruang tamu VIP Wali Kota, Senin (11/1/2021). - (Trigger Netmedia)

triggernetmedia.com – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menerima kunjungan pengurus Bike to Work (B2W) Indonesia. Dalam kunjungan itu, pengurus B2W mengapresiasi kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak yang berkomitmen mewujudkan Pontianak sebagai kota yang ramah sepeda. Diantaranya menyediakan jalur sepeda di beberapa ruas jalan serta taman sepeda.

ā€¯Tentunya dengan bersepeda, selain baik bagi kesehatakan, juga untuk meningkatkan kualitas lingkungan karena mengurangi polusi udara,” ujarnya usai menerima kunjungan di ruang tamu VIP Wali Kota, Senin (11/1/2021).

Dirinya juga berharap pengurus B2W Kota Pontianak berkoordinasi dengan Pemkot Pontianak dengan memberikan ide, saran dan masukan terkait mewujudkan Pontianak sebagai kota yang ramah sepeda. Misalnya adanya masukan untuk membuat rumah sepeda di taman sepeda. Rumah sepeda itu sebagai sekretariat tempat berkumpulnya para penggemar sepeda untuk berdiskusi.

“Untuk taman sepeda kita targetkan tahun 2021 selesai,” katanya.

 

Ketua B2W Indonesia Putut Sudaryanto menerangkan, kedatangan pihaknya dari Jakarta ke Pontianak untuk menyampaikan secara langsung apresiasi kepada Pemkot Pontianak yang dalam beberapa waktu terakhir betul-betul memberikan perhatian kepada pengguna sepeda dalam rangka penggunaan sepeda sebagai transportasi sehari-hari.

“Apalagi mengajak masyarakat luas untuk mengurangi ketergantungan dalam penggunaan kendaraan bermotor khususnya pribadi,” ujar Putut.

Menurutnya, pembangunan taman sepeda oleh Pemkot Pontianak dinilainya sebagai ide yang luar biasa. Demikian pula penyediaan jalur sepeda di beberapa ruas jalan di Pontianak, hal itu sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan nomor 59 tahun 2020. Untuk itu, kata Putut, pihaknya memberikan apresiasi kepada Pemkot Pontianak yang mulai menunjukkan perhatian terhadap keselamatan pengguna sepeda yang diwujudkan dengan menyediakan jalur sepeda. Meskipun jalur sepeda tersebut jumlahnya belum banyak, akan tetapi semua itu menurutnya sebagai bagian dari proses.

“Kami sadari segala sesuatu tidak bisa dilakukan secara instan. Saya kira ini langkah baik yang dilakukan Pemkot Pontianak,” imbuh Putut.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan rencana kegiatan bertajuk Srikandi Bike to Work Indonesia. Jika memang event tersebut mendapat persetujuan dari Satgas Covid-19 serta kondisi pandemi Covid-19 sudah membaik, rencananya akan digelar pada Juni 2021.

“Namun apabila kondisi pandemi belum juga membaik, maka akan ditunda sesuai kondisi karema bagaimanapun kita harus bersama untuk ikut mencegah penyebaran Covid-19,” sebutnya.

Dijelaskannya, untuk Srikandi Bike to Work Indonesia, kegiatan yang dilakukan adalah menjelajah dari Banjarmasin menuju Kota Pontianak oleh 16 perempuan dengan bersepeda bersama. Tujuannya untuk mengkampanyekan penggunaan sepeda sebagai alat transportasi, mendukung lingkungan hidup sekaligus sport tourism yang ada di sepanjang perjalanan. Rencananya, dari 16 pesepeda tersebut, 6 orang diantaranya berasal dari Kalimantan, mulai dari Kalteng, Kalsel dan Kalbar dengan masing-masing dua orang perwakilan. Selebihnya akan diambil dari berbagai pulau yang ada di Indonesia.

“Sehingga ada keberagaman peserta mewakili semua daerah di Indonesia,” pungkasnya.

 

Jim I Ariz

Tinggalkan Komentar

SITE LOCATION REKLAME

Streaming triggernetmedia.com