banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Penerima Vaksin Covid-19 Pfizer Bereaksi Alergi

Ilustrasi vaksin Covid-19.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) sedang menyelidiki lima reaksi alergi terhadap vaksin Covid-19 Pfizer Inc dan BioNTech SE di Amerika Serikat minggu ini.

Dr. Peter Marks, direktur Pusat Evaluasi dan Penelitian Biologi FDA, mengatakan pada konferensi pers bahwa reaksi alergi telah dilaporkan di banyak negara bagian termasuk Alaska.

 

Marks juga mengatakan bahwa bahan kimia yang disebut polietilen glikol (PEG) yang merupakan bahan dalam vaksin Pfizer – serta vaksin Moderna Inc yang disahkan pada hari Jumat – ‘bisa menjadi penyebab’ reaksi tersebut.

Marks mengatakan bahwa reaksi alergi terhadap PEG bisa jadi lebih umum daripada yang dipahami sebelumnya.

Ilustrasi Pfizer. [Don Emmert/AFP]
Reaksi tersebut termasuk seorang dokter di Fairbanks, Alaska, namanya tidak dirilis, yang mulai menunjukkan gejala sekitar 10 menit setelah diinokulasi pada Kamis lalu, menurut Foundation Health Partners, operator Rumah Sakit Memorial Fairbanks.

Melansir laman Dailymail, Minggu (20/12/2020), petugas kesehatan dirawat di ruang gawat darurat rumah sakit dengan epinefrin dan dibebaskan sekitar enam jam kemudian, Foundation Health Partners mengatakan dalam pernyataan tertulis.

Dua petugas kesehatan di Juneau menderita reaksi merugikan terhadap pengobatan awal pekan ini. Seorang dirawat sebentar di rumah sakit di kota itu karena anafilaksis setelah dia divaksinasi pada hari Selasa.

 

Korban kedua mengalami reaksi lebih ringan pada Rabu lalu dan dirawat di ruang gawat darurat rumah sakit dan dibebaskan.

Klinisi Fairbanks mengeluarkan pernyataannya sendiri yang disertakan dalam rilis Foundation Health Partners.

“Saya akan mendapatkan vaksin dan merekomendasikannya kepada siapa pun, terlepas dari reaksi saya, untuk membantu negara kami mendapatkan imunisasi yang diperlukan untuk kesehatan semua orang Amerika, untuk ekonomi, membuat keluarga berpelukan lagi, untuk mengembalikan anak-anak ke sekolah, dan untuk membuat negara di sisi lain pandemi ini,” kata petugas kesehatan.

 

Dua orang lainnya yang menerima vaksin di AS juga mengalami reaksi alergi minggu ini.

Kasus di Alaska mirip dengan dua kasus yang dilaporkan minggu lalu di Inggris.

 

Regulator medis Inggris telah mengatakan bahwa siapa pun dengan riwayat anafilaksis atau reaksi alergi parah terhadap obat atau makanan, tidak boleh diberi vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19.

Tetapi Badan Pengawas Obat dan Makanan AS telah mengatakan bahwa kebanyakan orang Amerika yang alergi harus aman menerima vaksin.

 

Dikatakan hanya orang yang sebelumnya memiliki reaksi alergi parah terhadap vaksin atau bahan dalam vaksin khusus ini yang harus menghindari suntikan.

Pada Jumat lalu, FDA mengatakan vaksin Moderna tidak boleh diberikan kepada individu yang diketahui memiliki riwayat reaksi alergi parah terhadap komponen suntikan.

Regulator juga mensyaratkan bahwa perawatan medis yang tepat untuk reaksi alergi segera harus tersedia saat suntikan diberikan jika terjadi reaksi anafilaksis.

 

Hingga kini, pihak Pfizer belum berkomentar.

 

Sumber : Suara.com

 

 

 

 

 

 

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *