Uang Belanja Masih Banyak, Sri Mulyani Sesalkan Kurangnya Penyerapan APBD

Trigger Netmedia - 1 Desember 2020
Uang Belanja Masih Banyak, Sri Mulyani Sesalkan Kurangnya Penyerapan APBD
Sri Mulyani, - ()

triggernetmedia.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati masih ada dana Belanja lebih dari Rp 1.068 trilun di APBN yang belum terpakai. Dana tersebut terdiri dari APBN Rp 798,7 triliun dan APBD yang sekitar Rp 402,3 triliun.

Meski sisa APBN masih tinggi, tapi Sri Mulyani tetap menyoroti penyerapan anggaran APBD yang masih belum sesuai harapan.

Sebab, jelas dia, serapan anggaran APBD belum terlalu kencang, sebab baru sekitar lebih dari 60 persen dana APBD yang terpakai.

“Kinerja APBD dari Rp 1.080,7 triliun keseluruhan size APBD 2020, sampai dengan akhir oktober Rp 678 triliun. jadi masih ada lebih dari Rp 400 triliun sendiri yang akan dieksekusi pada November-Desember,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers secara virtul, Senin (1/12/2020).

Baca juga  Perketat Prokes, Perwa Nomor 58/2020 Disempurnakan

Baca Juga:Diramal Cuma 1,5 Persen, Menkeu: Inflasi Terendah dalam 6 Tahun Terakhir

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini merinci, pada alokasi anggaran kesehatan di daerah hingga Rp 30 triliun sampai akhir Oktober baru terealisasi sebesar Rp 14,9 triliun.

Kemudian, untuk belanja jaring pengaman sosial di daerah dari alokasi sebesar Rp 22,8 triliu baru tereksekusi Rp 12,9 triliun atau 56,6 persen.

Lalu, program untuk dukungan ekonomi di daerah yang alokasinya sebesar Rp 19,2 triliub baru terserap Rp 2,7 triliun atau hanya 14 persen.

Baca juga  Bantuan Beras Pemprov Masih Kurang 288 Ton di Kubu Raya

“Ini gambarkan nampaknya daerah sangat tergantung pada program pemerintah pusat. Program mereka sendiri eksekusinya belum secepat dan seurgent yang dilakukan pemerintah pusat,” ucapnya.

Dalam hal ini, Sri Mulyani mengingatkan, kepada kepala daerah agar mempercepat realisasi anggaran, terutama pada anggaran yang masuk dalam Pemulihan Ekonomi Nasional.

Baca Juga:Terungkap Alasan APBD 2021 Pemkab Serang Defisit

“Ini jadi satu pembelajaran karena tentu kita harap APBD juga lakukan seluruh program sehingga bantu countercyclicalnya,” pungkasnya.

Sumber : Suara.com

Tinggalkan Komentar

Streaming

Close Ads X