Pahami Dulu Sebelum Ngutang Di Pinjaman Online Untuk Kebutuhan Mendesak

  • Bagikan
Ilustrasi pinjaman online. (Dok : Kredivo)
banner 468x60

triggernetmedia.com – Layanan pinjaman online menawarkan pinjaman dana cepat dengan proses yang serba instan. Bisa dibilang ini adalah solusi keuangan ketika seseorang mempunyai kebutuhan yang mendesak. Namun, apakah ini keputusan yang bijak?

Mau bagaimanapun kita merencanakan sesuatu, terkadang ketika menjalaninya banyak saja alasan yang membuat perjalanan yang dilalui tidak sesuai dengan ekspektasi.

Ada kalanya kita membutuhkan dana untuk berbagai keperluan yang mendesak, seperti anak tiba-tiba sakit dan harus dibawa ke dokter, kendaraan tiba-tiba ditabrak dan ada parts yang harus diganti.

Kebanyakan orang, ketika dihadapkan pada kondisi di mana seseorang tersebut membutuhkan biaya dalam waktu yang cepat biasanya akan mencari dua hal, yang pertama adalah pihak yang bisa diutangi, dan yang kedua adalah mencairkan aset/investasi yang mereka miliki.

Sekilas, dua hal ini adalah solusi paling mudah bagi anda untuk menghadapi kondisi tersebut. Tetapi, apakah rela untuk melepaskan investasi yang sudah bertahun-tahun untuk menutupi kebutuhan yang mendesak?

Sebetulnya, semua kembali lagi pada diri sendiri. Ketika berhadapan pada kondisi darurat yang skalanya masih kecil, lebih baik jangan merelakan investasi dan cobalah untuk beralih ke pinjaman online yang menawarkan proses pendaftaran dan pencairan yang serba mudah serta cepat. Namun, jangan sampai kebutuhan tersebut membuat kita tidak mempertimbangkan faktor-faktor lain, seperti besaran bunga, hingga keamanannya.

Sebenarnya sah-sah saja untuk pinjam uang ke lembaga online, namun akan menjadi kurang bijak jika kita tidak melakukan sejumlah hal di bawah ini.

Baca juga  Heboh Kasus Pelecehan di KPI, DPR: Pecat Pelaku Jika Pengakuan MS Benar

Pilih pinjaman online dengan informasi yang transparan

Banyak orang yang gegabah dalam mengajukan pinjaman. Mereka tak melihat kembali deskripsi bunga, denda, dan hal-hal lain yang nantinya akan mempengaruhi jumlah pinjaman. Pada akhirnya, tagihan pun membengkak dan pinjaman online yang seharusnya memudahkan, justru menjadi bumerang.

Untuk itu, pilih lembaga pinjaman online yang secara transparan memberikan informasi mengenai segala biaya yang dikenakan, mulai dari bunga, biaya administrasi, biaya denda, dan sebagainya. Salah satunya Kredivo, yang memberikan pinjaman dalam bentuk limit kredit untuk digunakan belanja online, atau dicairkan dalam bentuk dana tunai.

Bunga yang dikenakan Kredivo paling rendah dibandingkan lembaga sejenis, yaitu sebesar 2,95 persen per bulan. Khusus layanan Pinjaman Tunai, terdapat biaya administrasi sebesar 6 persen yang akan dipotong langsung dari dana yang akan dikirim ke rekening. Untuk angsuran yang telat dibayar, Kredivo mengenakan biaya keterlambatan sebesar 3 persen.

Simulasi kredit atau cicilan dengan Kredivo juga ditampilkan di awal secara transparan sebelum nasabah menyetujui perjanjian cicilan. Jadi, tidak ada biaya tersembunyi.

 

Pinjam sesuai kebutuhan

Ada dua jenis alasan mengapa seseorang berkeinginan untuk berutang: untuk memenuhi kebutuhan dan memenuhi keinginan. Banyak orang-orang yang menggunakan utang untuk kebutuhan yang konsumtif dan berujung terjerat dalam lingkaran utang. Oleh karena itu, coba tanyakan lagi pada diri sendiri; apakah dana cepat yang didapat benar untuk kebutuhan penting mendadak? Ataukah untuk keperluan yang konsumtif?

Baca juga  YLKI: Sentilan Jokowi Soal Kasus Pinjol Ilegal Telat

 

Contoh pinjaman sesuai kebutuhan yang bisa dikatakan sebagai kebutuhan mendesak yaitu renovasi rumah, biaya kesehatan, dana pendidikan, atau biaya pernikahan bisa. Sedangkan jika kebutuhan mendesak yang dimaksud adalah untuk menutup tunggakan utang lainnya, sebaiknya hilangkan keinginan untuk berutang!

 

Pinjaman harus sesuai kemampuan

Sekalipun berutang untuk hal yang bermanfaat, bukan berarti kita tidak memperhitungkan kemampuan untuk membayarnya kembali. Rasio cicilan yang sehat tidak akan melebihi 30 persen pendapatan bulanan. Lebih dari itu, bisa-bisa arus keuangan malah jadi berantakan. Menghitung rasio utang sangat penting dilakukan supaya kita bisa mempersiapkan dana untuk membayar tanggung jawab yang akan dibayar. Jangan sampai kebutuhan harian menjadi terganggu karena jumlah utang melebihi kemampuan kita.

Pinjaman uang online sebenarnya sangat membantu keuangan, apalagi dalam keadaan mendesak. Namun utang tetaplah utang, sebuah tanggung jawab yang harus diselesaikan. Untuk menghasilkan manfaat dari sebuah utang, jangan gegabah dan harus bijak dalam mengelolanya, ya.

Maka dari itu, sebelum mengajukan pinjaman, pastikan semuanya sudah dipikirkan dengan matang. Selamat berutang dengan bijak!

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *