banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Ekonomi Global Anjlok Jika Perang Dagang AS-China Berlanjut

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (Suara.com/Achmad Fauzi)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi global bakal anjlok pada tahun depan. Hal ini bisa terjadi jika perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China terus berlangsung.

seperti dikutip dari laman suara.com, menurut Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo bisa saja pertumbuhan ekonomi dunia di bawah level 3 persen.

“Kalau BI perkirakan PE dunia 3 persen tahun depan 3,1 persen. Tapi kalau perang dagang ini berlanjut tahun depan bisa saja di bawah 3 persen, bisa 2,9 persen tergantung kelanjutan perang dagang,” kata Perry saat ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta Selasa (29/10).

Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia ini menuturkan, perang dagang telah berdampak kemana-mana. Terutama, berdampak pada sumber pendapatan beberapa negara dari ekspor yang menurun akibat perang dagang.

“Dampaknya tidak hanya perekonomian dunia melambat tetapi juga sumber pertumbuhan perdagangan internasional dan juga harga komoditas berdampak tidak menguntungkan terhadap berbagai negara dan Indonesia,” jelas dia.

Maka dari itu, Perry berharap, adanya suatu kesepakatan antara dua negara ekonomi terbesar itu untuk bisa menyelesaikan perang dagang. Sehingga, tambahnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa bergerak naik.

“Kita tentu saja mengharapkan dan menantikan kesepakatan-kesepakatan yang sedang berlangsung antara AS dan China mengenai perang dagang,” pungkas dia.

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *